Text
PENGARUH METODE PENUGASAN DENGAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTS MIFTAHUL HUDA PATAPAN KECAMATAN TORJUN KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Nur Wahidatur Riskia, 2019, PENGARUH METODE PENUGASAN DENGAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTS MIFTAHUL HUDA PATAPAN KECAMATAN TORJUN KABUPATEN SAMPANG, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Mulyadi, M.Pd
Kata Kunci: Metode Penugasan, Hasil Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Dalam proses belajar mengajar metode penugasan atau pemberian tugas sangat peranannya terhadap hasil belajar siswa. Karena dengan adanya metode penugasan dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan dilaksanakannya metode penugasan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan hasil siswa lebih semangat belajar untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, 1) Adakah pengaruh metode Penugasan dengan kerja kelompok terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Miftahul Huda Kecamatan Torjun Sampang, 2) Seberapa besar Pengaruh metode Penugasan dengan kerja kelompok terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Miftahul Huda Kecamatan Torjun Sampang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis product moment, yaitu mencari korelasi antara variabel X terhadap variabel Y, yang termasuk variabel X adalah Metode Penugasan sedangkan variabel Y adalah hasil belajar Mata Pelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial. Sampel yang diteliti adalah siswa MTs Miftahul Huda Kecamatan Torjun Sampang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi, sebagai instrument primer dan observasi dan interview sebagai instrument sekunder.
Dari hasil data yang menggunakan metode statistic dengan rumus product moment diperoleh angka sebesar 0,642. Setelah dibandingkan r tabel harga kritik product moment dimana pada N = 35 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,334 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,430. Dengan demikian maka hipotesis alternative yang diajukan penulis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara metode Penugasan dengan kerja kelompok terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Miftahul Huda Kecamatan Torjun Sampang. Diterima, kemudian untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh metode Penugasan dengan kerja kelompok terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, ternyata menunjukkan hasil positif, karena “r” kerja 0,642 lebih besar dari “r” tabel product moment baik dalam taraf signifikan 95% maupun 99% dimana pada N=35 menunjukkan nilai 0,334 dan 0,430. Demikian juga berdasarkan nilai r kerja yaitu 0,642 pada tabel interprestasi nilai “r” berada pada rentangan angka 0,600-0,800 dengan interprestai cukup.
Tidak tersedia versi lain