Text
PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPI NURUT-TAUFIQ PANGLEGUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Usmaniyah, 2019, PenanamanNilai-nilaiNasionalismemelalui Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPI Nurut- TaufiqPanglegurPamekasan, Skripsi, Program StudiTadrisIlmuPengetahuanSosial, JurusanTarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Mulyadi, M.Pd
Kata Kunci: Nilai-nilaiNasionalisme, Mata Pelajaran IPS
Nasionalismemerupakansemangatkebangsaan yang harusdimilikiolehsetiapwarganegara.Tertanamnyanilai-nilainasionalismedapatdilihatdenganadanyakebanggaandankecintaanterhadaptanah air.Namun, dieraglobalisasiinidenganmasuknyabudayaasingjustrumenyebabkannilai-nilainasionalismebangsakianmenurun.Denganadanyamasalahtersebut, pendidikanmemilikiperanpentinguntukmenanamkannilai-nilainasionalismepadagenerasibangsasejakdini.Sebagaimana di SMPI Nurut-Taufiq, penanamannilai-nilainasionalismedilakukanoleh guru IPS melaluimatapelajaran IPS.
Berdasarkanhaltersebut, makamasalah yang dikajidalampenelitianiniadalah: pertama, Bagaimana guru matapelajaran IPS SMPI Nurut- Taufiqmenanamkannilai-nilainasionalismemelaluimatapelajaran IPS. Kedua, Apasajanilai-nilainasionalisme yang terkandungdalammatapelajaran IPS. Ketiga, Bagaimanapersepsisiswa SMPI Nurut- Taufiqtentangnilai-nilainasionalisme. Dari permasalahantersebut, tujuandaripenelitianiniadalahuntuk: 1) menganalisiscara guru matapelajaran IPS SMPI Nurut-Taufiqmenanamkannilai-nilainasionalismepadamatapelajaran IPS. 2) mendeskripsikannilai-nilainasionalisme yang terkandungdalammatapelajaran IPS. 3) mengidentifikasipersepsisiswa SMPI Nurut-Taufiqtentangnilai-nilainasionalisme.
Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif, jenispenelitiannyaadalahdeskriptif.Teknikpengumpulan data padapenelitianinimelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkan yang menjadisumberdatanyaadalahKepalaSekolah, Guru IPS, danSiswa SMPI Nurut- Taufiq. Data yang diperolehdianalisismelalui 3 tahap, yaitu: Reduksi data, penyajian data, dankesimpulanatauverifikasi. Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankehadiranpeneliti, observasi yang mendalam, dantriangulasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: Pertama, cara guru matapelajaran IPS dalammenanamkannilai-nilainasionalismepadamatapelajaran IPS yaitudenganmengaitkansetiapmateri IPS denganhal yang dapatmenanamkannilai-nilainasionalisme, melaluikebiasaandanketeladanan, menggunakan media visual, danmelaluikegiatan- kegiatandiluarkelas. sedangkanfaktorpenghambatdalampenanamannilai-nilainasionalismeyaitukurangnyafasilitas yang dimilikisekolah. Kedua, nilainasionalisme yang terkandungdalammatapelajaran IPS yaitu: nilaisosial, nilaiperjuangan, dannilaipersatuan. Ketiga, persepsisiswatentangnilai-nilainasionalismeadalahbahwatertanamnyanilai-nilainasionalismedapatdilihatdaribeberapaindikatoryaitu, perasaancintaterhadaptanah air, keinginanmembela Indonesia.Nilainasionalismemerupakanpaham yang telahdicontohkanolehparapahlawanlewatkesetiaannyadalammembela Indonesia.
Tidak tersedia versi lain