Text
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM NURUL YAQIN BUJUR TIMUR BATU MARMAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Zainab 2019, Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan, Skripsi Program Studi TIPS, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci : Pemberian Reward, Motivasi, dan Pembelajaran IPS
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran terpadu yang terintegritas dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, maka dari terpadunya pembelajaran IPS perlu seorang guru untuk terus memotivasi siswa. Sehingga dengan Motivasi siswa bisa giat untuk terus belajar seperti pemberian Reward pada siswa, karena Reward adalah salah satu alat untuk meningkatkan Motivasi peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang akan diteliti, yaitu pertama adakah pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan populasi. Sumber data diperoleh melalui Angket, Observasi dan Dokumentasi. Informannya adalah siswa-siswi, guru IPS dan Kepala Sekolah SMPI Nurul Yaqin. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil r tabel yang dikonsultasikan dengan harga kritik product moment, yaitu dengan N = 45 dan interval kepercayaan 5% = 0,288 dan taraf interval 1% = 0,372, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa harga “r” kerja 0,418 lebih besar dibandingkan harga kritik product moment (r tabel), dan yang kedua dibuktikan dengan cara mengkonsultasikan harga “r” kerja dengan interpretasi korelasi product moment, diketahui bahwa nilai “r” kerja sebesar 0,418 berada pada interval 0,40 – 0,70 dengan interpretasi sedang atau cukup. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti yang berbunyi “ada pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMPI Nurul yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan dengan interpretasi cukup”.
Tidak tersedia versi lain