Text
IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MATHLA'UL AMIEN GRUJUGAN GAPURA SUMENEP
ABSTRAK
Subaidah, 2019, Implementasi Media Gambar Dalam Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Amien Grujugan Gapura Sumenep, Skripsi, Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing Drs. H. Zainul Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Implementasi, Media Gambar, Pembelajaran Aqidah Akhlak.
Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, media diartikan sebagai alat dan bahan yang membawa informasi atau bahan pelajaran yang bertujuan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran, guru dapat mengubah suasana pembelajaran yang membosankan bagi siswa,dapat merangsang fikiran siswa, dan lebih menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi termotivasi untuk belajar.
Ada tiga pokok penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa saja media gambar yang digunakan dalam mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathla’ul Amien Grujugan Gapura Sumenep, (2) Bagaimana implementasi media gambar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathla’ul Amien Grujugan Gapura Sumenep dan (3) Apa sajaFaktor kelebihan dan Faktor kelemahan implementasi media gambar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathla’ul Amien Grujugan Gapura Sumenep.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Posedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kepala sekolah/madrasah, guru aqidah akhlak, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan metode analisis kasus negatif.
Hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Amien Grujugan Gapura Sumenep menunjukkan bahwa: pertama; Media gambar yang digunakan dalam pelajaran aqidah akhlak yaitu media gambar yang diproyeksikan dan media gambar yang tidak di proyeksikan. media gambar yang diproyeksikan ialah media yang dapat menampilkan gambar atau bayangan yang dapat bergerak dilayar biasa, diantaranya yaitu: slide, film strip, ohp atau proyektor LCD. Sedangkan media gambar yang tidak di proyeksikan ialah media yang tidak memerlukan listrik maupun menggunakan proyektor LCD yaitu, gambar atau foto, papan tulis, diagram, batang, grafik, papan flanel dan flip chart. Kedua, Implementasi media gambar dalam pelajaran Aqidah Akhlaq yaitu, Dengan menggunakan media gambar semangat siswa lebih tinggi untuk belajar, sehingga siswa lebih mudah untuk berinteraksi. Tiga adapun Faktor kelebihan yaitu, membangkitkan mintat dan motivasi siswa untuk belajara. Adapun faktor kelemahan adalah dengan adanya fasilitas sekolah yang kurang memadai seperti proyektor LCD. Faktor kelebihan dan kekurangan merupakan suatu yang urgen terjadi dalam proses pembelajaran maka dengan seperti itu sangat jelas penting adanya keduanya.
Tidak tersedia versi lain