Text
URGENSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS NURUL MUTTAQIN DESA METENG KECAMATAN OMBEN KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Nur Haviva Fauziyah, 2018. Urgensi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah di MTs Nurul Muttaqin Meteng Omben Sampang, skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura Pamekasan, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah , akhlakul karimah
Pemimpin mempunyai peran utama dalam menentukan arah kebijakan, untuk mewujudkan visi , misi dan tujuan dari lembaga pendidikan yang dipimpinnya, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik , maka dibutuhkan pemimpin bijak, jujur, adil, tegas,dan dapat dipercaya. Peneliti tertarik untuk meneliti di MTs. Nurul Muttaqin Meteng Omben Sampang. Untuk melihat bagaiman penerapan dan dan perkembangan kepemimpinan dalam menerapkan konsep-konsep yang dilakukan pemimpin.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi bagian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah bagi siswa di MTs. Nurul Muttaqin Meteng Omben Sampang?, kedua,apa saja program yang diterapkan kepala madarasah dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MTs Nurul Muttaqin Meteng Omben Sampang? Ketiga, apa saja faktor kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlkul karimah siswa MTs. Nurul Muttaqin Meteng Omben Sampang?
Tujuan penelitian ada 2 yaitu, (1) untuk mengetahui kebijakan yang diterapkan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah bagi siswa MTs Nurul Muttaqin Desa Meteng Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. (2) untuk mengetahui program yang diterapkan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah bagi siswa MTs Nurul Muttaqin Desa Meteng Kecamatan Omben Kabupaten Sampang (3) untuk mengetahui faktor-faktor kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa MTs Nurul Muttaqin Desa Meteng Kecamatan Omben Kabupaten Sampang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepela sekolah, guru, dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kebijakan kepala madrasah dalam mengambil keputusan untuk memajukan madrasah dan dalam meningkatkan akhlak siswa selalu bermusyawarah tidak langsung mengambil keputusan dengan sendiri(2) dalam program yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu: memberi contoh dan memberi sanksi pada siswa dengan harapan siswa tidak mengulangi pelanggaran lagi (3) faktor yang ada disekitar, kepala madrasah menyiapkan apa saja yang akan diajarkan kepada siswa tentang akhlak tersebut danselalu memperhatikan dan mencegah siswa berprilaku yang menyimpang dari akhlak yang baik. Tanggapan siswa terhadap apa yang dilakukan oleh kepala sekolah mereka tidak merasa tertekan karena semua untuk kebaikannya dan untuk kebaikan orang lain.
Tidak tersedia versi lain