Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA DI SMPN 1 TALANGO KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Ikiwati, 2019, “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Siswa Di Smpn 1 Talango Kabupaten Sumenep“ Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN MADURA, Pembimbing: Dr. Edi Susanto M.Fil.I
Kata Kunci:Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Kecerdasan Intelektual
Ada tigafokuspenelitian yang menjadikajianutamapenelitianini, yaitu (1) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri di SMPN 1 Talango (2) Bagaimana Respon Siswa Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri yang dilakukan oleh guru di SMPN 1 Talango (3)Bagaimana Kecerdasan Intelektual Siswa sebagai out put penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri di SMPN 1 Talango.
Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan (1) UntukmengetahuiPenerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri di SMPN 1 Talango (2) untukmengetahuiRespon Siswa Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri yang dilakukan oleh guru di SMPN 1 Talango (3)Kecerdasan Intelektual Siswa sebagai out put penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri di SMPN 1 Talango.
Dalampenelitianinipenelitimenggunakanpendekatankualitatif, sumber data penelitianiniadalah guru, kepalasekolah, siswa, prosedurpengumpulan data yang digunakandalampenelitianadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi. Teknikanalisis data adalahceking, organizing, coding, sedangkanpengecekankeabsahan data melaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, trianggulasidanuraianrinci.
Hasilpenelitianmenujukkanbahwa(1) Penerapan strategi pembelajaran inkuiri di SMPN 1 Talango.Langkah-langkahnya yaitu, pertama, harus disesuaikan dengan materi pelajaran, kedua, merumuskan masalah yang diajukan kepada siswa, ketiga, mengembangkan hipotesis dari pokok permasalahan, keempat, hipotesis akan diuji kebenarannya di depan kelas secara kelompok, kelima, menarik kesimpulan dari pada permasalahan yang ada. (2) Respon Siswa Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri yang dilakukan oleh guru di SMPN 1 Talango. bahwasanya respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran inkuiri itu beragam. Positif dan negatifnya respon siswa itu tergantung bagaimana cara guru menyajikan atau memberikan variasi pembelajaran di kelas agar siswa senang dan tertarik dalam belajar sehingga ketika siswa sudah merasa nyaman dalam belajar maka mereka pun semangat, giat, rajin dan suasana kelas pun kondusif dan dapat dipastikan proses pembelajaran berjalan lancar dan efektif. (3) Bagaimana Kecerdasan Intelektual Siswa sebagai out put penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri di SMPN 1 Talango. , bahwasanya kecerdasan intelektual sebagai out put penerapan strategi pembelajaran inkuiri itu sudah jelas ada dan benar-benar memberikan hasil belajar yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menjadi peserta didik yang lebih aktif dikelas, saling bertukar pikiran dalam memecahkan suatu persoalan secara logis, kritis dan sistematis, dapat mengembangkan potensi intelektual yang dimilikinya, menumbuhkan rasa percaya dirinya, dapat belajar dengan mandiri.
Tidak tersedia versi lain