Text
PERAN POSITIONING DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH BMT USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Jamiatus Sholihah MS. 2018. “Peran Positioning dalam Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan”, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura, Pembimbing: Fadllan, M.A.
Kata kunci: Positioning, Tabungan Mudharabah
Dalam hal strategi pemasaran, setiap perusahaan berusaha untuk mempromosikan perbedaan perbedaan kecil yang dimiliki, yang akan sangat menarik bagi pasar sasarannya, setelah dilakukan segmentasi pasar dan target market. Dengan kata lain, setiap perusahaan ingin mengembangkan suatu strategi penentuan posisi (positioning) yang terfokus. Penentuan posisi (positioning) adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berbeda dalam benak pelanggan sasarannya. Sebagaimana yang BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan sudah lakukan dengan menerapkan strategi positioning sebagai strategi pemasaran produk tabungan mudharabah, sehingga bisa membangun pola pikir masyarakat atau orang-orang sehingga beminat untuk memilih dan menggunakan produk yang ditawarkan.
Dalam penelitian ini peneliti menfokuskan pada (1) Bagaimana penerapan positioning dalam strategi pemasaran produk tabungan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan? (2) Bagaimana peran positioning dalam strategi pemasaran produk tabungan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif analitis. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah pihak Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yakni kepala cabang, karyawan divisi marketing dan nasabah. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti dan ketekunan pengamatan.
Hasil peneliti menunjukkan bahwasannya: (1) Penerapan positioning dalam strategi pemasaran produk tabungan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan terfokus pada peningkatan kualitas, baik itu dari aspek peningkatan kualitas pelayanan, aspek peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan atau pengurus dan/atau pengawas BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, serta aspek peningkatan aspek kualitas produk yang berada di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. (2) Peran positioning dalam strategi pemasaran produk tabungan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan adalah membentuk dan menjaga kepuasaan nasabah; terbentuknya karakter SDM yang jujur, komunikatif, dipercaya dan profesional dalam melayani nasabah; menjaga produk tabungan mudharabah tetap pada garis prinsip syariah mudharabah musytarakah (bagi hasil dan kerja sama); serta menjaga dan menambah jumlah nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain