Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA PAMEKASAN
ABSTRAK
Khomaidi, 2017, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pamekasan” Skripsi,Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Umi Supraptiningsih, M. Hum
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Pajak
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan sebagai institusi pemerintah yang bertugas menghimpun penerimaan Negara dari sektor Perpajakan. Dengan mengupayakan peningkatan pelayanan yang efektif dan efisien sehingga memperoleh hasil yang baik dan tujuannya tercapai secara maksimal. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan merupakan tempat peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP)Pratama Pamekasan”.
Permasalahan yang muncul adakah pengaruh kuali tas pelayanan perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Palayanan Pajak KPP pratama pamekasan dan varibel manakah yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak perorangan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pamekasan dengan menggunakan metode simple random sampling serta penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan 5%. Teknik analisa adalah analisis regresi berganda.
Hasil analisis Multiple R menunjukkan angka 0,873 sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Perpajakan (X) memiliki hubungan terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Y). Koefisien determinasi (R Square) =0,763 yang menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Wajib pajak sebesar 76,3 % dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sedangkan 23,7,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis didapat thitung > ttabel pada ɑ = 0,05. Ini merupakan taraf nyata ɑ = 5% variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan pajak Pratama Pamekasan. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 253,158, sedangkan hasil Ftabel 2,39hal ini berarti Fhitung> Ftabel (253,158>2,39) siginifikan.Sehingga dapat disimpulakan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayan perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak.Persamaan yang diperoleh adalah: Y = 1,708 + 0,058X1 + 0,655X2 + -0,054X3 + 0,023X4 + 0,236X5 + e. Berdasarkan pada persamaan tersebut, dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak adalah kReliability dengan koefisien regresi sebesar 0,655.
Tidak tersedia versi lain