Text
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI BANK JATIM SYARIAH KCP. SAMPANG
ABSTRAK
Andrey Agasiy, 2018, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Bank Jatim Syariah KCP. Sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar, MM. M.Si.
Kata Kunci:Pengembangan, Manajemen SDM, Kinerja, dan Karyawan
Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan.Manajemen Sumber Daya Manusia adalah kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahn, dan pengawasan semua unsur yang menjadi kekuatan atau daya manusia untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan. Kinerja merupakan prestasi nyata yang ditampilkan seseorang setelah yang bersangkutan menjalankan tugas dan perannya dalam organisasi. Dan Karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemgembangan manajemen sumber daya manusia di Bank Jatim Syariah KCP. Sampng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu bagian AOSP dan karyawan yang tergabung dengan Bank Jatim Syariah KCP. Sampang. Analisis data dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Tahapan analisis data yaitu checking dan organizing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Bank Jatim syariah adalah melaksanakan program Diklat Prigren. Program pelatihan dan pendidikan yang dilaksanakan pihak bank untuk mencetak sumber daya manusia yang bisa betanggung jawab atas tanggung jawabnya untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang kian hari makin ketat baik untuk waktu sekarang maupun dimasa yang akan datang. Selain itu diharapakan karyawan mampu bekerja sama baik untuk tugas individu maupun urusan tim. Dengan adanya pengembangan tersebut pengetahuan karyawan menjadi semakin luas karena pada saat mereka melaksanakan pelatihan dan pendidikan mereka di refresh pengetahuannya berkenaan dengan perkembangan dunia perbankan diluar sana. Sehingga nantinya pelayanan yang mereka berikan terhadap nasabah juga akan berdampak baik dan menemukan solusi yang tepat untuk menghadapi berbagai macam masalah yang dihadapi oleh parta nasabah.Berkenaan dengan program Diklat Prigen tersebut, pihak Bank Jatim melaksanaknnya secara terstruktur di setiap tahunnya. Hal ini yang menjadi kekuatan utama mereka untuk bersaing dengan pesaing mereka dengan menciptakan sumber daya manusia dengan kualitas baik. Dan cara mempertahankan loyalitas nasabah yaitu; Selalu melakukan silaturahmi atau sosialisasi dengan nasabah yang sudah tergabung menjadi nasabah di Bank JatimSyariah KCP. Sampang. dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang dihadapi nasabah.
Tidak tersedia versi lain