Text
PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PT BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PRAGAAN)
Qonitatul Maghfirah, 2018 “Pengaruh Persepsi Konsumen, Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus PT BPRS BHAKTI SUMEKAR CabangPragaan)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Farid Firmansyah, M.M.
Kata Kunci:Persepsi Konsumen, KualitasLayanan, Kepuasan, LoyalitasNasabah
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguji secara empiris pengaruh persepsi konsumen, kualitas layanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah di PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan. Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen, kualitas layanan dan kepuasansecara simultan terhadap loyalitas nasabahdi PT Bank BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan. Kedua, untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen, kualitas layanan dan kepuasansecara parsial terhadap loyalitas nasabahdi PT Bank BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan.Ketiga,untuk menganalisisvariabel yang mempunyai besarkontribusi diantara variabel persepsi konsumen, kualitas layanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah diPT BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 18. Jenis data yakni data primer. Dengan jumlah responden 75 nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu kuesioner (angket). Pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian analisis regresi linear berganda menyatakan bahwa variabel persepsi konsumen, dan kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan variabel kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil uji signifikan secara simultan (uji F) memperoleh Fhitung sebesar 324,095> Ftabel2,73 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Persepsi Konsumen, Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah merupakan model yang layak untuk digunakan pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan.Sedangkan hasil uji secara parsial (uji t) dimana ttabel1,6654 telah menunjukkan bahwa nilai variabel persepsi konsumen (3.241) dengan taraf signifikan 0,002 < 0,05, kualitas layanan (1.177) dengan taraf signifikan 0,243 < 0,05 dan kepuasan (3.351) dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 dalam artian variabel persepsi konsumen dan kepuasan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas sedangkan variabel kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil analisis diatas yang paling dominan berpengaruh dari ketiga variabel X yaitu variabel kepuasan.Jadi variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan adalah kepuasan yakni 33.51%. Maka dapat disimpulkan bahwa yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan adalah kepuasan. Sedangkan besar kontribusi dari variabel Persepsi Konsumen, Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas nasabah sebesar 0.931 atau sebesar 93.1%. Kontribusi ini sesuai dengan nilai hipotesis yang diharapkan yaitu sebesar diatas 45%.
Tidak tersedia versi lain