Text
STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Bandaran Tlanakan Pamekasan)
Ina Mardiyah, 2018 Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Bandaran, Tlanakan Pamekasan), Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashry asy’ari MA.,Phil
Kata Kunci: strategi, pengembangan pasar, kepuasan pedagang dan ekonomi islam
Pasar tradisional adalah salah satu titik tumpu perekonomian masyarakat. Sedangkan pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, kotor dan sebagainya. Perlunya strategi pengembangan pasar tradisional agar pasar tradisional tetap menjadi pilihan pembeli untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah, penambahan kios dipasar memakan biaya yang tinggi, pasar yang ingin berkembang dengan bantuan pemerintah melalui kebijakan penambahan kios hendaknya tidak hanya sekedar menghasilkan kemajuan yang nampak dari segi fisik yang nyaman saja. Akan tetapi harus memperhatikan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dengan konsistensinya pada segi respon petugas pasar, monitoring serta evaluasi program. Dengan demikian dapat tercapai tujuan dengan efektif dan memuaskan. Dalam teori lovelock tentang kepuasan pelayanan dan jasa terdapat lima variabel dimensi kepuasan pelayanan dan jasa diantaranya Reliability (keandalan), Responsiveness (cepat tanggap), Assurance (jaminan), Empaty (empati), Tangible (keberwujudan) untuk mengukur sebuah kepuasan yang dialami seseorang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di pasar tradisional bandaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang dalam perspektif ekonomi islam dilakukan dengan lima variable yang terdapat pasca pengembangan pasar dilaksanakan. variable tersebut meliputi keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan keberwujudan.
Para pedagang belum merasa puas kerena sistem penindak lanjutan keluhan lambat dan hal ini bisa merugikan pedagang, dan pengawasan kurang ketat yang berakibat pedagang diperlakukan tidak adil , sarana prasarana belum optimal dan kesejaheteraan pedagang dalam hal pendapatan tidak maksimal (menurun). kepuasan pedagang menurut perspektif ekonomi islam kurang sesuai dengan ekonomi islam kerena dalam islam kita harus Amanah (Tanggung Jawab dan Kepercayaan) Amanah menjadi misi hidup setiap muslim.
Tidak tersedia versi lain