Text
ANALISA PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE BREAK EVEN POINT (BEP) DI CV. MENTARI PAMEKASAN
Imroatus Soliha, 2018. Analisa Penentuan Harga Jual dengan Menggunakan Break Even Point (BEP) di CV. Mentari Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Fatati Nuryana, MS.I.
Kata Kunci: Analisa penentuan harga jual, Break Even Point (BEP), Margin of Safetty (MOS).
Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya atau operasi sehari-hari selalu membutuhkan sarana strategis dalam penentuan harga jual yang mana penetapan harga jual tersebut tidak terlepas dari pengaruh internal maupun kondisi usaha. Penjualan maupun biaya merupakan dasar dalam penetapan harga jual. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai titik impas (BEP) serta bagaimana sensitivitasnya terhadap adanya perubahanperubahan harga, jumlah produksi dan biaya produksi. Analisa yang digunakan untuk mengetahui harga jual sebenarnya adalah dengan menggunakan perhitungan biaya tetap dan biaya variabel pertahun, kemudian perhitungan Break Even Point (BEP) dan tingkat keamanan (Margin of Safety).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisa penetapan harga jual dengan menggunakan Break Even Point (BEP) di CV. Mentari Pamekasanapabila ditinjau dari tingkat keamanannya. Penelitian ini dilakukan selama tiga tahun berjalannya data keuangan dari data keuangan tahun 2014 sampai tahun 2016.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan, menguraikan dan menjelaskan data-data atau informasi-informasi dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang kemudian akan diambil kesimpulan.
Berdasarkan pemahasan tersebut yang menyatakan bahwa harga jual produk spanduk banner yang ditentukan oleh perusahaan CV. Mentari sebesar Rp. 25.000,00 per meter apabila dianalisa penentuan harga jual dari tingkat keamanannya sudah berada diatas titik aman artinya meskipun mengalami penurunan pesanan (penjualan) maka perusahaan CV. Mentari sudah mendapat keuntungan, maka dari itulah penulis menyarankan agar memperluas area pemasarannya untuk mengantisipasi penurunan penjualan demi kelancaran usaha kedepannya
Tidak tersedia versi lain