PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENANGANAN KOMPLAIN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN

SRI ASTUTIK - Nama Orang;

A B S T R A K

Sri Astutik. 2018. Pengaruh Penanganan Komplain terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi, Prodi Perbankan Syariah, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Farid Firmansyah, M.M.

Kata Kunci: Penanganan Komplain, Kepuasan Nasabah.
Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa pelayanan penanganan komplain di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan nasabah. Selain itu, semakin besar tingkat pelayanan penanganan komplain di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan maka akan semakin besar pula tingkat kepuasan nasabah. Oleh karena itu, permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, adakah pengaruh penanganan komplain (berdasarkan komitmen, jaminan, empati, dan kecepatan) terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan? Kedua, variabel manakah yang paling dominan dari penanganan komplain terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan?
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif. Respondennya adalah nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji determinan, uji t, dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh penanganan komplain (berdasarkan komitmen, jaminan, empati, dan kecepatan) terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Hal ini diketahui dari hasil uji simultan (Uji F) yang menunjukkan bahwa ternyata nilai Fhitung (4.852) > Ftabel (1.564), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kedua, jaminan merupakan faktor yang paling dominan dari penanganan komplain dalam mempengaruhi kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan uji parsial (Uji t), di mana faktor jaminan memperoleh nilai tertinggi yakni sebesar 2.848, sedangkan faktor komitmen sebesar 1.825, faktor empati sebesar 2.731, dan faktor kecepatan sebesar 1.351. Artinya, dalam penanganan keluhan, para nasabah lebih banyak dipengaruhi oleh faktor jaminan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 312018175 Sri P
312018175
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312018175 Sri P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
21 X 29.5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2018
Info Detail Spesifik
175
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?