Text
PENGGUNAAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MIFTAHUL ULUM DESA LARANGAN BADUNG KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ummi Kulsum, 2018, Penggunan Metode Resitasi pada pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura Pamekasan, Pembimbing Drs.H. Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci : Penggunan metode resitasi dan pelajaran fiqih
Ada 3 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana persiapan yang dilakukan guru ketika akan menggunakan metode resitasi pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan? (2) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan metode resitasi pada pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan? (3). Bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan metode resitasi pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan yag dilakukan ketika menggunakan metode resitasi, pertama guru sudah mempersiapkan dengan penyusunan RPP, dan RPP disusun tidak hanya sekedar berdasarkan kelaziman, tetapi sudah dianalisis antar komponen satu dan yang lainnya. Kedua guru juga menganalisis tentang kesesuaian materi dengan penggunaan materi yang akan dilakukan atau digunakan. ketiga guru mempersiapkan tugas yang akan diberikan kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai. (2) langkah pelaksanaan penggunaan metode resitasi pelajaran fiqih yang pertama guru membagi kelompok untuk diberikan tugas. Kedua guru mengamati tentang aktivitas siswa dan keaktifan siswa dalam berdiskusi. Ketiga guru meminta kepada semua kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusi sesuai dengan materi yang diberikan. Keempat guru memberikan kesempatan kepada setiap anggota untk mempresentasikan hasil diskusinya (3) Tanggapan siswa pada penggunaan metode resitasi dapat dikatakan baik karena sudah terbukti dalam penggunaan metode resitasi.1) siswa merasa senang dengan adanya metode resitasi yang digunakan saat pembelajaran berlangsung untuk mempermudah memahami materi. 2) guru memberikan tugas mandiri kepada siswa. 3) siswa merasa bahagia karna sudah mengusai materi fiqih.
Tidak tersedia versi lain