Text
PENERAPAN BUDAYA ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Fatmawati, 2018. “Penerapan Bdaya Islami dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan”, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd
Katakunci: penerapan budaya islami, pengembangan kecerdasan spirital, siswa.
Pendidikan dikatakan berhasil jika ketercapaian sumber daya manusia yang berkualitas, baik deri segi intelegensi, skill dan segi spiritual yang baik. Mengembangkan kecerdasan spiritual di dalam sebuah organisasi lembaga pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena SQ yang berkembang dengan baik dapat menjadikan seseorang memiliki makna dalam hidupnya.
Ada 2(dua) Fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana upaya Madrasah menerapkan Budaya Islami dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MA Sumber Bungur Pakong; kedua, faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan budaya Islami dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa di MA Sumber Bungur Pakong.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk Mengetahui upaya madrasah menerapkan budaya Islami dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MA Sumber Bungur Pakong, 2)Untuk Mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan budaya islami dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa di MA Sumber Bungur Pakong.
Dalam menganalisis data Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek peneliti dari skripsi ini adalah kepala madrasah, waka keagamaan, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaluiperpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: Upaya menerapkan Budaya Islami dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa disini adalah: melalui pembinaan moral, kecerdasan yang dihasilkan adalah siswa memiliki kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan dan aktif) yakni siswa diarahkan untuk selalu berbuat baik kepada orang lain terutama kepada sesama teman, menerapkan kebiasaan membaca istighosah pada tiap hari jum’at, kecerdasan spiritual yang dihasilkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa memiliki kualitas hidup yang diilhami oleh nilai-nilai yakni nilai keimanan kepada Allah SWT. sholat dhuhur berjama’ah kecerdasan spiritual yang dihasilkan dalm sholat berjama’ah ini adalah siswa memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi, Kecerdasan spiritual yang dihasilkan dalm membaca Al-Qur’an ini adalah siswa memiliki kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, dan membaca do’a sebelum dan sesudah pelajaran dimulai.Kedua:faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan budaya Islami dalam pengembnagan kecerdasan spiritual siswa di MA Sumber Bungur Pakong. 1)Faktor dari dalam pribadi siswa. 2)Tempat bersuci kurang
Tidak tersedia versi lain