Text
PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTUB PEMBELAJARAN DI SDIT AL-FAIZIN PERUM BARISAN INDAH SAMPANG
ABSTRAK
Ummi Kulsum, 2018. Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang, Skiripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata kunci: Kompetensi peadagogik, Mutu Pembelajaran
Faktanya di lokasi penelitian Pendidikan guru di SDIT Al-Faizin Sampang. 99% SI dengan perincian 6 guru PNS, 6 guru non-PNS akan tetapi meskipun non-PNS guru tersebut menjadi guru tetap di SDIT Al-Faizin Sampang. Berdasarkan latar belakang pendidikan guru disana, tentunya guru sudah memiliki kompetensi pedagogik seperti kemampuan mengelola pembelajaran, perencanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Namun faktanya belum mencapai hasil yang kurang maksimal, karena kemampuan dan prestasi siswa belum sesuai harapan, hal tersebut mungkin saja dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya a adalah kompetensi pedagogik guru di SDIT Al-Faizin Sampang hanya bagi guru kelas tidak secara keseluruhan, sehingga tidak ada sinergi antara kemampuan guru kelas dengan guru mapel atau ada hal lain sehingga mutu pembelajaran dan prestasi akademik maupun non akademik masih belum sesuai harapan.
Berdasarkan deskripsi tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah dengan mengangkat judul “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningktakan Mutu Pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang.”
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis eksploratif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan beberapa orang siswa di SDIT Al-Faizin Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci, analisis kasus negatif, triangulasi, audit dependabilitas dan audit konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama mutu pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang yaitu sebagai berikut a). Siswa mampu meningkatkan pengetahuannya terhadap materi yang sudah dan yang akan disampaikan guru, b) Siswa mampu menganilisis bahan materi yang sudah dijelaskan , c) Siswa berprestasi pada bidang akademik dan non akademik akan tetapi hanya ditingkat kecamatan, namun belum berbicara banyak ditingkat kabupaten, d) Siswa memiliki minat dan motivasi untuk belajar. Kedua Peranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang yaitu a) Guru memahami tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik, b) Guru memberikan tanda khusus kepada siswa yang aktif pada buku dan absen dan memiliki buku pelanggaran siswa, c) Penggunaan Rpp dan Silabus sebagai rancangan dalam mengelola kegiatan pembelajaran, d) Guru menggunakan metode dan media yang variatif, e) Guru membimbing siswa tidak hanya pada aspek kognitif akan tetapi juga pada aspek spiritual atau akhlak, f) Guru kreatif dalam mengelola kegiatan pembelajaran, g) Guru melakukan refleksi setelah melakukan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain