Text
PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI AL-HIKAM LARANGAN TOKOL TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hozaimah 2018, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, pembimbing: Dr. Nor Hasan, M.Ag.
Kata kunci: Profesionalisme, dan Guru
Profesionalisme merupakan suatu tingkah laku, suatu tujuan, atau rangkaian kualitas yang menandai atau melukiskan coraknya suatu profesi. Profesionalisme guru menekankan kepada penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta startegi penerapannya. Profesionalisme guru bukan sekedar pengetahuan tekhnologi dan manajemen tetapi lebih merupakan sikap, pengembangan profesionalisme lebih dari seorang teknisi bukan hanya memiliki keterampilan yang tinggi tetapi memiliki suatu tingkah laku yang dipersyaratkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana kompetensi profesional guru dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, kedua, Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil adalah MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan dengan pendekatan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Pendekatan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi profesional guru dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan sudah memenuhi kategori kompetensi profesional guru, mereka mempunyai kemampuan pada bidang keahlian tertentu. Mulai dari kemampuan dasar dalam mengajar, kemampuan dalam memprogram pelajaran dan lain sebagainya. (2) Kompetensi Pedagogik guru di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan sudah memenuhi kompetensi pedagogik dalam pembelajaran. Guru di MI Al-Hikam Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan dalam melaksanakanan pembelajaran sangat kompeten dan dilakukan secara sistematis dan terencana serta guru juga berupaya dengan optimal mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak didik, demi mencapai tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain