Text
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENTDALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG BANDARAN
Syamsul Arifin, 2018, implementasi total quality management terhadap kualitas sumber daya manusia di bank pembiayaan rakyat syariah bhakti sumekar cabang bandaran, Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Fatekhul Mujib, M. Si
Kata Kunci :Total Quality Management, Kualitas Sumber Daya Manusia, BPRS Bhakti Sumekar
Dalam pelaksanaan TQM membutuhkan sumber daya manusia dengan kinerja yang baik.Sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat penting, terutama pada jalannya sistem dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Dalam mengelola sumber daya manusia, aspek-aspek penting yang harus diperhatikan adalah penerimaan, pelatihan, pembinaan, dan pengembangan, serta motivasi. Sumber daya manusia adalah pegawai yang siap, mampu, dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran berfokus pada bagaimana memberikan kepuasan pada nasabah dengan cara memberikan pelayanan yang prima dan fasilitas yang memumpuni serta daya saing yang tidak kalah dengan lembaga keuangan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam permasalahan ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan prinsip total quality management BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran, (2) Apakah penerapan total quality management berimplikasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Pimpinan, karyawan, dan nasabah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran telah menerapkan total quality management yang baik dan sesuai dengan prinsip total quality management, prinsip tersebut diantaranya adalah fokus pada kepuasan pelanggan, resepect terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. (2) Dampak dari konsep TQM yang baik ini, berpengaruh pada kualitas pelayanan yang prima dan maksimal serta fasilitas yang memadai kepada nasabah, sehingga membuat nasabah menjadi nyaman dan puas. Dampak rasa puas inilah yang pada akhirnya mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
Tidak tersedia versi lain