Text
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA DAN UMUM TERHADAP SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN (SANTRI) DAN YANG TIDAK TINGGAL DI PONDOK PESANTREN PADA SISWA MTS MIFTAHUL QULUB DESA POLAGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
Samsul Arifin, 2018, Perbandingan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Agama dan Umum Pada Siswa Yang Tinggal di Pondok Pesantren (Santri) Dan Yang Tidak Tinggal Di Pondok Pesantren Pada Siswa MTS Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.I.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pondok pesantren, Santri.
Penelitian ini dilaksanakan di Mts Miftahul Qulub. Fokus penelitian ini pada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang mondok dan yang tidak mondok dalam mata pelajaran pendidikan agama dan umum di MTs Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-VIII MTs. Miftahul Qulub. sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Sumber data yang diperoleh melalui angket, wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistic dalam penelitian ini menggunakan bantuan computer dengan menggunakan paket program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 16.0 for Windows dengan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai total dari empat mata pelajaran (PAI, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Matematika) siswa yang mondok adalah 78,96; sedangkan nilai rata-rata dari siswa yang tidak mondok di pesantren adalah 78,25. Hasil ini menunjukkan selisih sedikit sekali. Selanjutnya dari hasil perhitungan pada uji t (t-test) yang diambil dari hasil total nilai rata-rata dari empat mata pelajaran tersebut, diperoleh data thitungĀ¬
Tidak tersedia versi lain