Text
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUN NASYIIN 1 GRUJUGAN LARANGAN PAMEKASAN
Syamsul Arifin 2017, Kompetensi Kepribadian Guru Agama Islam di Madrasah Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Tarbiyah (STAIN) Pamekasan, Pembimbing Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci : Kompetensi kepribadian, Guru agama Islam
Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Guru agama Islam adalah orang yang memiliki profesionalitas dalam tenaga kependidikan Islam yang bertanggung jawab memberikan pengetahuan, bimbingan, serta bantuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kedewasaannya baik dalam ranah kognitif, efektif maupun psikomotorik sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu menaati Allah swt dan Rasul-Nya serta menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agamanya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana keadaan /gambaran kompetensi kepribadian Guru agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan? (2) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah agar Guru Agama Islam bisa memiliki kompetensi kepribadian Guru di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis kualitatif diskripsi, kemudian seluruh data yang dapat dicek keabsahannya dengan pengamatan, ketekunan, triangulasi, kemudian informannya adalah ketua umum yayasan An-Nasyiin, kepala Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas VII, VIII, IX.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Beberapa guru agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan mayoritas bisa menguasai kompetensi kepribadian guru walaupun tidak semua guru bisa menguasainya dikarenakan keterbatasan dari kemampuan guru tersebut, kompetensi kepribadian guru seharusnya sudah melekat dalam diri seorang guru akan tetapi perlu disadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. (2) Upaya-upaya kepala sekolah agar guru agama Islam memiliki kompetensi guru yaitu diadakannya pembinaan, pelatihan dan pengembangan profesi guru hal ini sangat penting untuk dilaksanakan secara sistematis untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru sehingga menjadi guru yang memiliki profesionalitas yang baik
Tidak tersedia versi lain