Text
PEMBERIAN REWARD/IMBALAN "TANDA BINTANG" DALAM MEMOTIVASI PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI AN-NASYIIN GRUJUGAN
ABSTRAK
Nurul Khatimah, 2017, Pemberian Reward/Imbalan “Tanda Bintang” Dalam Memotivasi Pencapaian Prestasi Belajar Peserta Didik di Pendidikan Anak Usia Dini An-Nasyiin Grujugan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr H. Syaiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Reward/Imbalan“Tanda Bintang” dan Prestasi Belajar Siswa
Banyak yang menentukan keberhasilan siswa dalam pendidikan, salah satunya melalui perbaikan proses pembelajaran, guru adalah komponen yang terlibat langsung dalam interaksinya dengan siswa dan guru diharapkan mengusai materi dengan baik, mampu menggunakan strategi atau metode yang tepat serta mengenal krakter baik materi ataupun siswa. Siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi berusaha untuk mencapai tujuan belajarnya. Motivasi siswa tercermin pada gairah dan semangat belajar serta keinginan untuk mencapai prestasi belajarnya. Pada akhirnya, pemberian reward memberikan dampak yang positif bagi pembentukan kepribadian anak.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Upaya guru melalui pemberian reward tanda bintang dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di PAUD An-Nasyiin Grujugan, (2) Faktor pendukung dalam memotivasi pencapaian prestasi Belajar Pesrta didik di pendidikan anak usia dini An-Nasyiin(3) Faktor penghambat dalam memotivasi pencapaian prestasi Belajar Peserta didik di Pendidikan anak usia dini An-Nasyiin Grujugan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan melalui pemberian reward/imbalan“tanda bintang”dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di PAUD An-Nasyiin Grujugan(2) untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung serta faktor penghambat dalam memotivasi pencapaian prestasi Belajar Siswa di PAUD An-Nasyiin Grujugan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PAUD An-Nasyiin Grujugan telah melakukan upaya dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa diantaranya: a)Guru dituntut kreatif dan telaten agar siswa menjadi betah, b) Merangsang siswa dengan memberi nilai berupa tanda bintang di buku pelajaran siswa, c)Menumbuhkan dan menjaga semangat belajar siswa.(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi pencapaian prestasi Belajar Siswa di PAUD An-Nasyiin Grujugan, a) Peranan dan kompetensi guru, b) Semangat dari guru itu sendiri dalam memotivasi siswa, c) Kemauan yang tinggi dari siswa dalam belajar, d) dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) Mood siswa yang berubah-ubah dan semangat yang naik turun disebabkan usia siswa yang masih dini, b) Kurangnya perhatian dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain