Text
PERBANDINGAN MINAT MASYARAKAT PADA ASURANSI PT. PRUDENTIAL CABANG SAMPANG ANTARA KONVENSIONAL DENGAN SYARIAH
Tsabit Zaini, 2018, Perbandingan Minat Masyarakat pada Asuransi PT. Prudential Cabang Sampang antara Konvensional dengan Syariah, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H. Abdul Mukti Thabrani, Lc, M.HI.
.
Kata Kunci: Perbandingan, Minat Masyarakat, Asuransi Konvensional, Asuransi Syariah.
Asuransi merupakan salah satu upaya untuk memindahkan risiko dengan mengalihkan risiko kepihak lain.Asuransi diarahkan untuk memproteksi keadaan dimasa mendatang yang belum bisa diperkirakan terjadi risiko yang berkaitan dengan nilai aktivitas dalam kehidupan seseorang. PT. Prudential saat ini merupakan salah satu asuransi terdepan di Indonesia, baik konvensional maupun yang berbasis syariah. Produk yang dihasilkan dan ditawarkan oleh PT. Prudential Indonesia unit syariah yaitu Prulink Syariah Assurance Account, Prulink Syariah Edu Protection, dll.Sedangkan produk-produk konvensional tidak jauh berbeda dengan produk syariah, hanya saja asuransi syariah prinsipnya menerapkan aturan syariah seperti tabarru’, tijarah dll. Masyarakat menilai bahwa asuransi haram diikuti sehingga mereka tidak mengikutsertakan dirinya sebagai peserta asuransi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana minat masyarakat pada asuransi jiwa dan asuransi jiwa syariah di PT. Prudential Cabang Sampang. Kedua, Apa keunggulan asuransi jiwa syariah PT. Prudential. Dan yang ketiga, Bagaimana peluang dan tantangan asuransi jiwa syariah PT. Prudential.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi ,wawancara dan dokumentasi.Informannya adalah pihak Prudential, nasabah, dan agen asuransi. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan pengecekan, trianggulasi, pengecekan keikutsertaan dan kekuatan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan minat masyarakat pada asuransi jiwa dan asuransi jiwa syariah dikategorikan dalam dua kategori yaitu minat dan kurang minat. Minat masyarakat bisa diperbandingkan antara konvensional dan syariah sebagai berikut: a. Minat masyarakat pada asuransi jiwa (konvensional) alasannya karena butuh akan perlindungan dan mengetahui manfaat asuransi. Kurang minat alasannya karena tidak paham asuransi, bayar premi mahal, dana bisa hangus dan hanya menguntungkan perusahaan. b.Minat masyarakat pada asuransi jiwa syariah alasannya karena perlu berasuransi untuk proteksi diri, bagian dari muamalah yang bebas riba, untuk investasi dan tabungan. Kurang minat alasannya tidak paham perbedaan asuransi syariah dengan konvensional serta terbebani dengan pembayaran premi. Keunggulan asuransi syariah diawasi oleh DPS, sistem tolong-menolong dan bagi hasil, dalam perjanjiannya menggunakan akad tabarru’ dan tijaroh, serta pengelolaan dana transparan. Peluang PT. Prudential yaitu mayoritas penduduk beragama Islam, konsep asuransi syariah penuh rasa adil dan PT. Prudential sudah mempunyai nama yang sudah dikenal masyarakat. Tantangannya kurang kesadaran masyarakat, minimnya SDM dan juga sosialisasi yang sangat dilakukan di masyarakat.
Tidak tersedia versi lain