Text
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus di Toko Basmalah di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan)
Tola’iya 2018, Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Basmalah Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Fadllan, MA.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Minat Beli
Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis tidak dapat terelakkan. Akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang mampu bersaing dipasaran dan lokasi yang strategis. Bisnis merupakan salah satu pilar ekonomi dalam kehidupan ini. Perusahaan harus mengetahui perilaku konsumen terlebih dahulu. Untuk mengetahui setiap permintaan yang berbeda-beda, perusahaan harus mempelajari dan memahami perilaku konsumen. Dikalangan konsumen dalam membeli kebutuhan akan memperhatikan kesesuaian antara kualitas produk dengan harga yang ditawarkan dan juga memperhatikan lokasi yang akan dikunjungi karena semakin mudah tempat yang dikunjungi konsumen maka akan mendorong konsumen membeli ditempat tersebut.
Ada dua rumusan permasalahan yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini: pertama, adakah pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap minat beli konsumen di Toko Basmalah Desa Larangan Tokol kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.Kedua,variabel manakah yang lebih dominan antara harga, kualitas produk dan Lokasi dalam mempengaruhi minat beli Konsumen di Toko Basmalah Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap minat beli dan variabel manakah yang lebih dominan dalam mempengaruhi minat beli.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi linear berganda dan prosedur pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah seluruh konsumen di Toko Basmalah Desa Larangan Tokol kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, namun sampel yang digunakan sebanyak 102 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan simple incidental / sampel insidental.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai Fhitung (14,171) ≥ Ftabel (2,46) dengan signifikan 0,000, untuk uji t yang menunjukkan bahwa variabel harga (X1), kualitas produk (X2), dan lokasi (X3) doperoleh thitung≥ttabel dengan signifikan ≤ 0,05 dan uji R2 sebesar 0,261 atau 26,1% dengan persamaan Y = 7,036 + 0,050X1 + 0,169X2 + 0,193X3 + e .Sedangkanvariabel yang paling mempengaruhi minat beli khususnya di Toko Basmalah Desa Larangan Tokol kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan adalah lokasi, alasannya karena variabel lokasi memiliki nilai koefisien regresi yang terbesar yaitu 0,193 jika dibandingkan dengan variabel harga dan kualitas produk
Tidak tersedia versi lain