Text
EFEKTIVITAS STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS VII BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIST DI MTs HIDAYATUN NAJAH DESA SAMIRAN KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN
Akh Riyadi,2018, Efektivitas Strategi Index Card Match Terhadap Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Kelas VII Bidang Studi Al-Qur’an Hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN MADURA, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci : Strategi Index Card Match , Dan Pemahaman Belajar Siswa
Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Adakah efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan? (2) Seberapa besar efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui Ada tidaknya efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan (2) Untuk mengetahui besar efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, sumber data penelitian ini adalah siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakana dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menngunakan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini hakekatnya ingin meneliti hubungan dua variabel, penelitian yang setiap variabelnya berjenis interval. Populasi dalam penelitian adalah seluruah siswa kelas VII sebanyak 42 siswa. Karena populasinya kurang dari seratus maka semua populasi di ambil semua dan di sebut dengan penelitian populasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Ada efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, terbukti bahwa nilai “r” tabel pada N=42 dalam interval kepercayaan 95% dan 99% di peroleh nilai sebesar 0,304 dan 0,393. Jika nilai “r” kerja sebesar 0,606 dibandingkan dengan nilai “r” tabel baik dalam interval kepercayaan 95% maupun 99%, maka nilai “r” kerja berada diatas harga kritik “r” product moment. Berarti nilai “r” kerja cukup signifikan (2) Besar efektivitas strategi index card match terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VII bidang studi al-qur’an hadist di MTs Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan cukup signifikan Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja 0,606 berada diantara rentangan angka 0,600 sampai dengan 0,800 dengan rentangan cukup
Tidak tersedia versi lain