Text
URGENSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH EFEKTIF DI MTS. MIFTAHUL ULUM CONGKOP TLAMBAN KARANG PENANG SAMPANG
Badrus Zadi Afandi, 2017, Urgensi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Efektif di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang, Skripsi, IAIN Madura, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Pd.I.
Katakunci: Model kepemimpinan, kepala madrasah, madrasah efektif
Kepemimpinan kepala sekolah/madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsung pendidikan dalam setiap lembaga pendidikan yang dipimpin. Karena, kepala sekolah/madrasah selain sebagai top leader yang mampu menggerakkan seluruh elemen pendidikan menuju satu titik yang diinginkan. Dengan demikian, kemajuan pendidikan salah satunya dapat dilihat dari penerapan model kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dalam mengatur dan mengendalikan proses pendidikan yang berlangsung demi terwujudnya insan-insan yang pandai dan berakhlak mulia.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama,bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang?Kedua, bagaimana kualitas para guru di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang? bagaimana prestasi siswa di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang?Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis datanya terdiri dari reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini terdiri dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,model kepemimpinan kepala madrasah di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang adalah model kepemimpinan yang bersifat partisipatif, yaitu kepala madrasah ikut telibat dalam segala situasi dan kondisi yang terjadi di sekolah baik terkait dengan peningkatan prestasi siswa maupun hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menggerakkan misi menuju visi yang telah ditetapkan.Kedua,kualitas para guru di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang adalah masih belum baik secara keseluruhan, ada beberapa guru yang dianggap sudah berkualitas terutama dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran, hal itu ditunjukkan dengan keaktifan siswa di kelas serta prestasi beberapa siswa. Akan tetapi, ada pula beberapa guru yang masih perlu adanya pembinaan lebih intens lagi agar lebih profesional dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai guru. Ketiga, Prestasi siswa di MTs. Miftahul Ulum Congkop Tlamban Karang Penang Sampang adalah sebagai berikut: a) juara I lomba pidato tingkat provinsi, b) juara I lomba KTI se-Madura, c) juara I lomba cipta pusis tingkat kabupaten, d) juara I lomba basket se-kecamatan, e) juara II cerdas-cermat se-kabupaten, f) masuk 10 besar pada lomba matematika tingkat Kabupaten dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain