Text
PENGARUH KONFLIK KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Ida Fitriyah,2018, Pengaruh Konflik Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu Pamekasan, Skripsi,Progran Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyeh, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Fathol Haliq M. Si.
Kata kunci: Konflik Keluarga, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Ada dua masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Adakah pengaruh Koonflik Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu Pamekasan? 2) Seberapa Besar Pengaruh Konflik Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu Pamekasan?
Penelitian ini menggunaka pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket sebagai metode primer, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode skunder. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian sampel karena subjeknya berjumlah besar. Jumlah popoulasinya adalah 130 siswa yaitu keseluruhan dari kelas VIII A-VIIIF, dengan jumlah sampel 65 siswa.jenis sampel yang digunakan adalah stradified random sampling, hal ini dilakukan untuk memudahkan peneliti melaksanakan penelitian.
Penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data hasil angket sebagai mana tersebut, menunjukkan hasil positif karena nilai “r” kerja dalam interval kepecayaan 95%= 0,224 dan interval kepercayaan 99%= 0,317 pada N= 65.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada Pengaruh Konflik Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pedidikan Agama Islam SIswa Kelas VIII smpn 2 Pademawu Pamekasan, 2) PengaruhKonflik Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan terkategori rendah dengan hasil rxy sebesar 0,264.
Tidak tersedia versi lain