Text
PENGARUH PENGGUNAAN KARTU SIBIJAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN NU GAPURA SUMENEP
Faizatur risqiyah, 2018, Penggunaan Kartu Sibijak Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan NU Gapura Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Fatati Nuryana, M.Si.
Kata Kunci: Penggunaan Kartu Sibijak, Keputusan Pembelian
Kartu sibijak adalah kartu member yang dikeluarkan oleh BMT NU Gapurua Sumenep untuk memeprmudah nasabah yang berbelnja di Swalayan NU. Disamping keuggulan layanan dan diskon diatas kegunaan yang didapat atas kartu sibijak ini adalah bagi hasil, pengganti uang tunai, dan lain sebagainya. Sistem yang ada dikartu sibijak yang dikeluarkan oleh BMT NU Gapura Sumenep ini untuk menghindari sistem bunga adalah dengan cara menerapkan bagi hasil untuk pembelian di swalan NU.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: ingin mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan kartu sibijak terhadap keputusan pembelian di Swalayan NU Gapura Sumenep; kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan kartu sibijak terhadap keputusan pembelian di Swalayan NU Gapura Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Jenis data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adaalah 150 respondendan sampel yang dijadikan penelitian sejumlah 92 nasabah yang berbelanja di Swalayan NU sedangkan tehnik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sampling yaitu merupakan tehnik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan memenuhi syarat sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian ini bahwa didapat persamaanY = 0,961 + 0,157X, persamaan ini menyatakan tanpa adanya penggunaan kartu sibijak keputusan pembelian sebesar 0,961 dan setiap peningkatan 1% pada kartu sibijak keputusan pembelian cukup tinggi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,467 yang berarti 46,7% variasi dari keputusan pembelian dijelaskan oleh variasi keputusan pembelian , sedangkan sisanya 53,3% dijelaskan oleh variasi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi dengan menunjukkan R sebesar 0,683, jadi hasil tersebut menujukkan bahwa hubungan keeratan antara variabel bebas dan variabel terikat adalah sangat kuat. Dselanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 8,878 serta nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti bahwa secara simultan penggunaan kartu sibijak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan NU Gapura Sumenep. Sedangkan pengaruh penggunaan kartu sibijak terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,467 atau 46,7%.
Tidak tersedia versi lain