Text
STRATEGI PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI DI PAUD/TK BINA RAHIMA PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muslimah, 2018.Strategi Penanaman Karakter Disiplin Dan Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di Paud/TK Bina Rahima Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,STAIN Pamekasan, Pembimbing:Dr. H. M. MuchlisSholichin, M.Ag
Kata Kunci : Strategi Penanaman Karakter, Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pendidikan yang membentuk karakter disiplin dan peduli lingkungan bagi anak usia dini, yaitu di Paud / TK Bina Rahima yang telah mendidik anak usia dini dengan penuh kasih sayang, yang termasuk di dalamnya dalam memberikan bimbingan bagi anak usia dini khususnya dalam membentuk karakter disiplin dan peduli lingkungan bagi anak.
Ada (2) dua fokuspermasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama,BagaimanaStrategi Yang DigunakanGuru DalamPenanamanKarakterDisiplin Dan PeduliLingkunganAnakUsiaDinidi PAUD/TK BinaRahimaKecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.Kedua,ApaSajaFaktorPendukung Dan PenghambatDalamStrategiPenanamanKarakterDisiplin Dan PeduliLingkunganAnakUsiaDinidi PAUD/TK BinaRahimaKecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru Paud/TK Bina Rahima Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, dan orang tuamurid. Data primer adalah guru dan orang tua siswa. Prosedur pengumpulan dataialahmenggunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan (1)Bagaimana Strategi Yang Digunakan Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Dan Peduli Lingkungan Anak Usia Dini di PAUD/TK Bina Rahima Kecamatan Palengaan Pamekasan. Ialah denganmulai dari pembuatan RKH sebagai panduan dalam mengajar para guru,menjadikan guru sebagai tauladan yang akan dijadikan cotoh baik bagi anak-anak, mengajarkan dan mendidik anak-anak bagaimana cara baris-berbaris yang benar, praktek shalat yang benar, membaca doa-doa harian yang benar, membereskan mainan setelah selesai bermain, menyiram tanaman dan bunga yang baik, membuang sampah pada tempatnya, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. (2) ApaSajaFaktorPendukung Dan PenghambatDalamStrategiPenanamanKarakterDisiplin Dan PeduliLingkunganAnakUsiaDinidi PAUD/TK BinaRahimaKecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Ialah semua sarana dan prasarana, sepertihalnya tempat sampah, ember tempat air ketika menyiram tanaman bunga, kran air yang digunkan ketika mencuci tangan, buku bacaan untuk doa-doa harian, dansentrapratek shalat berjamaah. Dan penghambatnyaialahkurangnyakesadaran orang tuaakanartikedisiplinan, kondisisikapdanperilakuanakdidik yang masihkurangterkontrolsehinggaseringbergurau.
Tidak tersedia versi lain