Text
PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( STUDI DESKRIPTIF DI SMA BAHRUL HUDA SUMBER ANYAR /KEC. TLANAKAN /KAB .PAMEKASAN)
ABSTRAK
Ahmad Noor Kholis, 2018, Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Edutainmen dalam pembelajaran pendidikan agama islam (studi deskriptif Di SMA Bahrul Huda Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan ), Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura , Pembimbing: Dr. H. Mohammad kosim, M. Ag
Kata Kunci: pelaksanaanStrategi Pembelajaran, Edutainment, pendidikan agama islam
Dunia pendidikan kini telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dipungkiri, Banyak cara yang ditempuh, baik berupa model pembelajaran, pendekatan ataupun strategi pembelajaran yang menjadi senjata rahasia untuk mewujudkannya lewat tangan-tangan para pahlawan tanpa tanda jasa. Dan hal itu akan ditentukan oleh seefektif mana mereka memilih dan mempergunakannya sebaik mungkin.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama,Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan? kedua,Hambatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan?.
Secara operasional penelitian ini mengidentifikasi secara empirik beberapa hal sebagaiberikut: 1.Untuk mengetahui pelaksanaan yang dilakukan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan.2. Untuk mengetahui hanbatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan, guru pengajar PAI di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasan Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, dan triangulasi.
Hasil penelitian dari hasil pengamatan dan catatan lapangan yang dilakukan peneliti di lokasi penelitian, dapat dikemukakan bahwa: pertama, pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasansudah melaksanakan strategi pembelajaran Edutainment dengan cukup baik meskipun ada hal-hal yang perlu dioptimalkan seperti persiapan sebelum menyampaikan materi yang seharusnya lebih mengacu lagi pada teori pembelajaran Edutainment sehingga memilki daya tarik tersendiri bagi siswa.Kedua, Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama isalam di SMA Bahrul Huda Tlanakan Pamekasaantara lain guru pengajar, murid, dan yang penting juga adalah media pendukung pembelajaran itu sendiri serta sumber belajar yang kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain