Text
MANAJEMEN QALBU DAN KECERDASAN SPIRITUAL (STUDI KASUS GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ARRAHMAH JADDUNG PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Meirina Ulfa, 2018, Manajemen Qalbu dan Kecerdasan Spiritual (Studi Kasus Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep), Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen Qalbu, Kecerdasan Spiritual
Manajemen Qalbu dapat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia, setiap keinginan, perasaan atau dorongan apapun yang keluar dari dalam diri seseorang akan tersaring niatnya sehingga melahirkan suatu kebaikan dan kemuliaan serta penuh dengan manfaat. Dengan pengelolaan hati yang baik, maka seseorang juga dapat merespon segala bentuk aksi atau tindakan dari luar dirinya, baik itu positif ataupun negatif secara proporsional. Respon yang terkelola dengan sangat baik akan membuat reaksi yang dikeluarkannya menjadi positif dan jauh dari hal-hal mudharat. Dengan kata lian, setiap aktivitas lahir dan batinnya telah tersaring sedemikian rupa oleh proses Manajemen Qalbu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana peran manajemen qalbu guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madarasah Aliyah Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep?, kedua, Bagaimana tingkat keberhasilan manajemen qalbu guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madarasah Aliyah Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madarasah, Guru Akidah Akhalak, Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan deskriptif melalui pengecekan keabsahan data meliputi, perpanjangan keikut sertaan, ketekunan dan triangulasi. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 04 maret sampai o8 april 2018.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peran manajemen qalbu guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu dalam segi manajemen qalbu guru tidak hanya mengajar ataupun mendidik melainkan guru memberikan contoh yang baik terhadap siswa dengan baik dalam segi ucapan ataupun prilaku sehari-hari. Sehingga manajemen qalbu guru sangat signifikan perannya dalam meningkatkan intelektualitas dan spiritualitas siswa. Kedua, tingkat keberhasilan manajemen qalbu guru dalam meningkatkan secerdasan spiritual siswa yaitu; dapat dilihat dari totalitas guru memerankan tugasnya sebagai tenaga pengajar yang menjadi public figure bagi para siswa. Guru di MA Arrahmah Jaddung Pragaan cenderung “mengagungkan” sikap ikhlas dan tulus mengamalkan ilmunya. Dalam hal ini para siswa meneladani praktik-praktik dan pola interaksi guru yang tulus dan ikhlas, sehingga kecerdasan spiritual siswa meningkat. Karenanya, para siswa dapat melakukan langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah menuju manusia seutuhnya.
Tidak tersedia versi lain