Text
PENERAPAN METODE UNIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SDI MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ZAHRATUL MAISARAH, Skripsi 2017, Penerapan Metode Unit Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan., Program studi Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing : Dr.H.M. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Penerapan Metode Unit, dan Motivasi Belajar Siswa
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama peneltian ini, yaitu: (1). Bagaimanakah Langkah-Langkah Guru dalam Menerapkan Metode Unit Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan? (2) Apa yang menjadi Kendala dalam Penerapan Metode Unit Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari beberapa informan dan dari perilaku yang diamati sehingga, dengan hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Langkah-Langkah Guru dalam Menerapkan Metode Unit Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, Persiapan: RPP sebagai perencanaan dan pedoman pembelajaran, buku ajar PAI guru dan untuk murid sesuai, strategi, media pembelajaran serata alat peraga jika dibutuhkan demi tercapainya tujuan pembelajaran (2) Adapun faktor penghambatnya yaitu: ketidak rataan kemampuan peserta didik dalam mencerna atau menyerap materi, yang di sampaikan oleh pendidik, peserta didik, nakal,kurangnya sarana, media, dan alat peraga untuk pendukung metode unit
Tidak tersedia versi lain