Text
MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI SDI DARUL KAROMAH LARANGAN LUAR PAMEKASAN
Jayati, 2018. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SDI Darul Karomah Larangan Luar Pamekasan Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing : Dr. H. Atiqullah, S.Ag. M.Pd
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Meningkatkan Efektivitas, Pembelajaran PAI.
Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan formal dengan guru sebagai pemeran utama. Guru sangat menentukan suasana pembelajaran didalam kelas. Guru yang kompeten akan lebih mampu dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Keberhasilan tersebut, dipengaruhi banyak faktor terutama terletak pada pengajar (guru) dan yang diajar (siswa), yang berkedudukan sebagai pelaku dan subyek dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di di SDI Darul Karomah Larangan Luar Pamekasan, dalam rumusan masalah, yaitu. 1). Bagaimanakah prosedur manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 2). Apa saja kendala menajemen kelas yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 3). Upaya apa saja yang di lakukan dalam manejemen kelas di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data. Adapun prosedur pengumpulan datanya melaui metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan kualitatif deskriptif, selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui prosedur manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan. 2). Mengetahui kendala manajemen kelas dapat meningkatkan efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan. 3). Untuk mengetahui upaya yang di lakukan dalam Manajemen Kelas di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan.. Bahan belajar, yang senantiasa memperhatikan dan menyesuaikan kebutuhan siswa sesuai dengan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Suasana belajar yang kondusif dan komunikatif antara guru dengan siswa telah tercipta dengan baik, media dan sumber belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas untuk menunjang pembelajara.
Pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila ada interaksi antara guru dan siswa, sesama siswa atau dengan sumber belajar lainnya. Dengan kata lain “belajar dikatakan efektif apabila terjadi interaksi yang cukup maksimal”. Namun, adapula kendala atau kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan Pembelajaran, misalnya keadaan siswa, jumlah siswa, fasilitas yang kurang memadai, letak sekolah, dsb. Sehingga, seorang guru dituntut mempunyai kemampuan/keahlian tertentu untuk dapat menciptakan suasana kelas yang mendukung efektivitas pembelajaran, agar tercipta suasana/iklim belajar yang nyaman, kondusif, komunikatif, serta dinamis yang diharapkan akan menghasilkan hasil belajar yang optimal dan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan dari pada pendidikan itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain