Text
MOTIVASI SISWA AKTIF BELAJAR MENURUT AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM
Mohammad Hadi, 2018, “ MOTIVASI SISWA AKTIF BELAJAR MENURUT AZ-ZARNIJI DALAM KITAB TA’LIMUL MUTAALLIM” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembmbing : H. Mohammad Hasan, M.Ag
Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Dan kitab ta’limul mutaallim Karangan Az-Zarnuji.
Skripsi ini membahas tentang motivasi siswa aktif belajar menurut az-zarnuji yang terdapat dalam karyannya yaitu kitab ta’limul mutaallim.Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri ndivdu yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan kegatan belajar, dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki akan tercapai.
Az-zarnuji adalah merupakan tokoh yang memberikan sumbangsih terhadap pemikirannya tentang penidikan dengan melalui karyanya Ta’limul Muta’allim. Didalamnya terdapat banyak nadham-nadham yang bersi tentang motivasi belajar bagi seorang pelajar (peserta didik).
Fokus penelitian ini adalah untuk : 1. bagaimana motivasi belajar dalam kitab ta’limulmutaallim. 2. jenis-jenis motivasi belajar yang termasuk dalam pembahasan kitab ta’limul mutaallim. 3. Mengetahui bentuk- bentuk motivasi bagi minat belajar siswa.
Penelitian ini mengacu pada bahan – bahan tertulis yang berkaitan dengan pembahasan motivasi belajar, penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), yang merupakan penelitian dengan menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya. Proses pengumpulan data adalah dengan menelusuri, kemudian membaca serta mencatat bahan-bahan yang diperlukan untuk dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan pembahasan. Metode penelitan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Diskriptif Analiysis dengan memakai teknik dari berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil peneltian ini menyimpulkan bahwa :1. Penjelasan motivasi belajar menurut Az-zarnuji dalam kitab ta’limul mutaallim bukanlah penjelasan secara structural seperti halnya dalam buku-buku modern pada saat ini. Tetapi lebih pada bentuk penyampaian motivasi secara langsung dengan cara menggambarkan mengkiaskan berbagai bentuk yang ada dalam motivasi belajar. 2. Didalam kitab ta’limul mutaallim juga menjelaskan tentang jenis-jenis motivasi belajar yang terdapat lima macam : a). Niat semata mengharap ridha allah, b). Niat kebahagiaan dunia dan akhirat, c). Niat menghilangkan kebodohan, d). Niat menghidupkan dan mengamalkan ajaran agama ialam, dan e). Niat mensyukuri nikmat akal. 3. Kitab ta’lim juga membahas bentuk-bentuk motivasi belajar yang terdiri dari dua bentuk yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsi.
Tidak tersedia versi lain