Text
IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS III MADRASAH DINIYAH ULA MIFTAHUL ULUM SUMBER ANYAR LARANGAN TOKOL TLANAKAN PAMEKASAN
Badrut Tamam, 2018. Judul: “Implemintasi Srategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Ustad Dan Strategi Pembelajaran PBL
Salah satu pembelajaran-pembelajaran yang di gunakan para ustad di Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, yaitu Strategi Problem Based learning ini yang merupakan pembelajaran aktif, di dalamnya memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar mandiri dengan memecahkan problem dalam pembelajaran umumnya pembelajaran lebih banyak menekankan pada presentasi ide-ide yang mendemonstrasi keterampilan. Esensi pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah pembelajaran yang menyuguhkan berbagai situasi bermasalah yang autentif dan bermakna kepada peserta didik agar mereka menyelidikinya, dan merangsang peserta didik berpikir tingkat tinggi dan bagaimana mereka belajar memecahkan masalah.
Fokus penelitian ini sebagai Berikut: (1) Bagaimana latarbelakang Startegi Problem Based Learning pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan...? (2) Bagaimana implemintasi Startegi Problem Based Learning pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan...? (3) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung Startegi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan...?
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif objektif. hal ini dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian implementasi strategi problem based learning pada pelajaran fiqih di kelas III Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan (1) Latar belakang strategi problem based learning pada pelajaran fiqih di kelas III Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Adalah sebagai berikut yaitu: a).Memilih mata pelajaran yang sesuai; b).Mempertimbangkan kemamapuan murid alokasi waktu; c). Untuk melatih murid perpikir secara kritis; d. Memecahkan masalah secara ilmiyah (2) Implementasi SPBL. ; a). Menyusun skenario pelajaran; b) Ustad masuk kedalam kelas dengan mengucapkan salam dan diikuti dengan membaca do’a yang di pimpin oleh ustad; c) Mereviuw pelajaran sebelumnya; d) Memberi pertayaan tentang materi pelajaran; e). Membuat kelompok kecil untuk berdiskusi masalah-masalh dalam pelajaran; f). mendorong muridnya untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah; g) menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah (3) faktor pendukung dan penghambat a) Faktor penghambat yaitu meliputi kemamapuan murid yang tidak merata, kurang terampilnya sebagian ustad dalam pembelajaran berbasis nasalah, kurangnya mutivasi ustad terhadap murid, pengalaman ustad dalam pembelajaran berbasis masalah yang masih kurang.b) Faktor pendukung yaitu meliputi SDM yang memadai, sebagian besar tenaga pendidiknya sudah SI atau serjana, serta sarana dan prasarana yang cukup.
Tidak tersedia versi lain