Text
PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MI. AL-FALAH II BANGKES KADUR PAMEKASAN
Khodaifah. 2018. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru Di MI Al-Falah II Bangkes Kadur Pamekasan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing : Drs. M. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Supervisi, Profesionalisme Guru
Supervisi kepala sekolah sangatlah penting dalam mengembangkan profesional guru sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Dengan adanya pengawasan tersebut dapat memberikan dampak positif dalam menumbuhkan dan mengembangkan profesi guru, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kepala madrasah sebagai supervisor secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya.
Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini (1). Bagaimana bentuk-bentuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina Profesionalisme guru di MI. Al-Falah II Bangkes Kadur Pamekasan (2). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina profesionalisme guru di MI. Al-Falah II Bangkes Kadur Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, siswa dan wali siswa, prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis yang di gunakan adalah checking (pengecekan), organizing (pengelompokan), dan coding (pemberian kode) dan Tehnik pengecekan keabsahan data
Hasil penelitian yaitu: (1). Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kemampuan guru sehingga dari apa yang didapatkan dari guru menjadikan peserta didik mampu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, hal ini sesuai dengan visi madrasah yaitu unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan budaya bangsa. Dalam hal ini kepala madrasah sebagai pemimpin dapat memberikan kontribusi sesuai dengan visi, misi dan strategi madrasah yaitu menumbuhkan penghayatan pengamalan terhadap ajaran agama dan budi pekerti, melakukan kegiatan yang optimal. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk secara optimal serta menerapkan manajemen partisipasi semua komponen dengan melibatkan warga madrasah dan stake holder dan dengan memberdayakan masyarakat.. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi melaksanakan proses belajar mengajar dikelas, guru menyatakan sering dikunjungi oleh kepala madrasah. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah cukup memperhatikan guru khususnya dalam proses belajar mengajar berlangsung Pembinaan sikap personal profesional mengajar yang meliputi masalah keluh kesah, masalah kesejahteraan guru dan masalah pribadi.Pengembangan kualitas profesional guru yaitu pendidikan In-Service yang meliputi penataran. Kegiatan ini kepala madrasah melakukan untuk meningkatkan kemampuan guru sambil menjalankan tugasnya, agar bekembang sesuai dengan perkembangan terakhir dibidangnya.
Tidak tersedia versi lain