Text
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN JIWA KEAGAMAAN ANAK TK. AL-JUFRI XI TRASAK LARANGAN PAMEKASAN
Muslihah, 2018. Implementasi Metode Pembelajaran Al-qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Istitut Agama Islam Negeri IAIN Madura. Pembimbing : R. Taufikur Rahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak
Salah satu aspek pendidikan Agama yang kurang mendapatkan perhatian adalah pendidikan membaca Al-qur’an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum sehingga banyak anak muslim yang belum bisa membaca dan menulis al-qur’an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya kelak. Dari permasalahan tersebut, maka dalam skripsi ini penulis membahas metode pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan. Mengingat anak-anak merupakan harapan dari orang tua, masyarakat, agama, dan juga bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu bagaimana metode yang diterapkan di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan, Usaha-usaha yang dilakukan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan, mendeskripsikan usaha-usaha dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yang diuraikan dalam bentuk metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari penelitian lapangan sekaligus menjadi tolak ukur dalam penyusunan skripsi ini.
Dari hasil analisis tersebut dapat di ketahui bahwa metode pembelajaran Al-Qur'an di TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan yang diterapkan adalah pembiasaan, ketauladanan, latihan, hafalan, dan pemberian tugas, serta bermain, cerita dan menyanyi (BCM).
Guru harus lebih bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar tujuan yang ada dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Dalam hal media perlu adanya peningkatan sehingga anak dapat lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. Guru harus lebih mempunyai rasa ikhlas dan besar hati dalam membimbing dan membina anak. Dan bagi kepala TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan harus lebih bisa memenej keuangan sehingga TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan lebih maju dan kegiatannya berjalan dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar lebih menfokuskan pada manajemen TK. Al-Jufri XI Trasak Larangan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain