Text
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MTs AL-ULA III PAMOROH KADUR PAMEKASAN
Mohammad Lutfi, 2018. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MTs Al-Ula III Pamoroh Kadur Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen pembimbing H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, dan Pengembangan pendidikan
Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah dalam menjalankan tugasnya dengan baik itu dapat ditandai oleh: tanggung jawab yang kuat seperti mengakui kekurangan dan kesalahan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala madrasah serta mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di luar sekolah, keberanian dalam mengambil keputusan yang memberikan kesan tugas yang diberikan.
Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana kualitas kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Al-Ula III Pamoroh? (2). Apakah uasaha-usaha kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Al-Ula III Pamoroh. (3). Apakah faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Al-Ula III Pamoroh.
Pada hakekatnya seorang pemimpin pendidikan adalah pemimpin yang memiliki segala sifat kepemimpinan. Akan tetapi setiap orang tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Karena tidak ada manusia yang sempurna. Dalam mempelajari ilmu kepemimpinan ia akan bertambah pengetahuan dan sedikit demi sedikit akan merubah kekurangannya. Seorang pimpinan madrasah (kepala madrasah) di MTs Al-Ula III Pamoroh Kadur Pamekasan tentunya diharapkan memnuhi persyaratan tersebut diatas
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi, dari hasil penelitian bahwa kualitas kepemimpinan mempunyai tanggung jawab yang kuat seperti mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di luar sekolah serta mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan, dalam usaha-usahanya yaitu dengan mengembangkan kurikulum, SDM, dan peran serta masyarakat. usaha yang dilakukan oleh kepala madrasah ini, merupakan usaha yang sangat luar biasa dengan adanya perencanaan yang sangat matang dalam mengupayakan pengembangan lembaga pendidikan.
Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang menunjang, guru dan siswa dengan adanya kebersamaan dalam pengelolaan dan proses belajar mengajar. faktor penghambatnya adalah masalah guru, dana, kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda serta peran serta masyarakat yang masih rendah
Tidak tersedia versi lain