Text
OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA-PRASARANA DALAM MENUNJANG TUMBUH-KEMBANG ANAK DIDIK DI PAUD/TK BINA RAHIMA PALENGAAN PAMEKASAN
Nurul Aini, 2018. Optimalisasi Penngunaan Sarana-prasarana dalam Menunjang Tumbuh-Kembang Anak Didik di PAUD/TK Bina Rahima Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,STAIN Pamekasan, Pembimbing; Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci; optimalisasi penggunaan, sarana-prasarana pendidikan PAUD,
tumbuh kembang
Pendidikan yang berkualitas, dapat dicapai apabila diikuti dengan pola pengelolaan (management) yang mampu secara aplikastif membangun sistem secara efektif. Sarana-prasarana pendidikan dilingkungan pendidikan anak usia dini sangatlah mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut; baik sebagai fasilitas pendidikan, sumber belajar, alat peraga, maupun sebagai media pembelajaran.
Terdapat dua permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, pertama upaya mengoptimalkan penggunaan sarana-prasarana yang dipergunakan dalam menunjang tumbuh-kembang anak didik dan kedua, adalah faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi penggunaan sarana-prasarana dalam menunjang tumbuh-kembang anak didik di PAUD/TK Bina-Rahima Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru PAUD/TK Bina Rahima, prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, upaya penggunaan sarana-prasarana di PAUD/TK Bina Rahima cukup optimal, karena keberadaannya telah memberikan pengaruh pada kegiatan pembelajaran dalam upaya mengembangkan anak didik secara efektif, baik sebagai alat peraga maupun media. Upaya mengoptimalkan sarana-prasarana di PAUD/TK adalah sebagai berikut : Sarana menjadi alat dan media dalam pembelajaran, baik itu hasil produksi pabrikan, peralatan dan media buatan sendiri, serta sarana yang berasal dari alam. Optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana adalah bertolak dari pelaku pendidikan yantu tenaga pendidik dan kependidikan yang kreatif. Upaya yang dilakukan dalam rangka mengoptimalkan sarana dan prasarana meliputi; a). Kepala PAUD/TK Bina Rahima secara terus-menerus melakukan pembinaan, pemberdayaan, pelatihan dan parenting pada guru serta pada orang tua dan wali anak, b). Kepala PAUD/TK Bina Rahima, senantiasa secara formal mengikutsertakan para guru dan orang tua dalam keterlibatanya pada Asosiasi keguruan HIMPAUDI, PGTKI dan HIWASI dengan tujuan agar SDM yang ada mampu berkreasi dan beradabtasi dengan perkembangan pendidikan di daerah.
Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah meliputi faktor internal SDM dan faktor eksternal. Faktor internal SDM yang dimaksud adalah; a. Pada kapasitas kepemimpinan kelas, guru telah memanfaatkan sarana-prasana sesuai dengan perkembangan anak didik, b. faktor manajerial, pengelola belum mampu mengelola pembiayaan dengan produktif dalam pengadaan sarana-prasana sebagai alat peraga dan media pembelajaran, serta masih kurang disiplin dalam memeliharaan sarana-prasarana yang telah ada. Sedangkan faktor eksternal meliputi; a. Beragamnya perbedaan potensi dan minat belajar anak didik pada bidang pengetahuan atau keterampilan tertentu sangat berpengaruh pada efektifitas sarana-prasarana, dan b. dukungan dari orang tua dan kesadaran masyarakat yang masih rendah partisipasinya dalam pendidikan anak usia dini.
Tidak tersedia versi lain