Text
STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 04 PAMEKASAN
Halimatus Sakdiyah, 2018. “Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di SMAN 04 Pamekasan”, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan
Peduli lingkungan sebagai salah satu nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah. Sekolah memiliki strategi dalam menerapkan nilai karakter peduli lingkungan, tujuannya agar dalam pelaksanaannya, segala program yang direncanakan sekolah dapat berjalan dengan baik dan segala bentuk penyimpangan dapat diminimalisir. Pada Era globalisasi seperti saat ini kebutuhan masyarakat semakin kompleks dan kepedulian terhadap lingkungan semakin menurun. Penerapan karakter peduli lingkungan ini, sebagai upaya agar keseimbangan alam tetap terjaga dan tidak terjadi kepunahan nantinya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: apa saja strategi yang dilakukan dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 04 Pamekasan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 04 Pamekasan.
Penelitian ini menggunaakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah jajaran Waka (Waka urusan akademik dan Waka urusan kesiswaan), guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang dilakukan dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 04 Pamekasan yaitu strategi membangun karakter melalui KBM dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli lingkungan pada semua mata pelajaran dan Muatan Lokal PLH, Strategi membangun karakter melalui kegiatan pengembangan diri melalui pembudayaan dan pembiasaan dan juga melalui kokurikuler dan ekstrakurikuler, Strategi membangun karakter melalui kerjasama dengan orang tua siswa/masyarakat, Strategi membangun karakter melalui peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Kedua, dalam melaksanakan berbagai program tersebut, SMA Negeri 04 Pamekasan memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana sekolah cukup memadai., adanya kerjasama semua komponen sekolah, adanya empat fokus penguatan karakter yaitu (olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga) yang dikembangkan, adanya komitmen yang kuat, adanya alokasi dana yang menunjang kegiatan peduli lingkungan. Adapuan faktor penghambatnya adalah adanya perbedaan karakter atau mindseat dari siswa, kurangnya kesadaran siswa.
Tidak tersedia versi lain