Text
PERAN KELUARGA DALAM USAHA PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA TK PKK POLAGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
Lindawati, 2018. Peran Keluarga Dalam Usaha Pembinaan Kepribadian Muslim Pada Siswa TK PKK Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata kunci: Peran Keluarga, Pembinaan Kepribadian Muslim.
Keluarga merupakan batu bata pertama bagi pembinaan setiap keluarga. Ia adalah langkah pertama untuk membina seseorang. Karena itulah, manhaj pendidikan moral dalam islam harus dimulai sejak dini sekali.Pada dasarnya, ia merupakan asas yang dipertimbangkan bagi pembinaan keluarga yang kokoh dan harmonis. Sesungguhnya pendidikan moral inilah yang menjamin terwujudnya keluarga islam yang kuat, yang penuh warna rasa cinta dan menjamin terbentuknya seorang manusia yang sehat tubuh akal dan jiwanya.
Seorang anak akan menjadi baik ataukah justru menjadi beban dalam keluarga, sebagian besar merupakan refleksi dari pendidikan yang didapatkannya dalam keluarga. Orang tua dalam keluarga apabila dapat berperan semaksimal mungkin maka akan dapat melahirkan generasi penerus yang lebih dari pada generasi kita pada saat ini. Pada jaman sekarang ini perubahan dan perkembangan nampak begitu cepat berlangsung dalam semua sektor kehidupan.
Mencermati pengertian tersebut di atas, maka fokus penelitian 1). bagaimanakah peran keluarga dalam usaha pembinaan siswa TK PKK Polagan Galis Pamekasan, 2). faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepribadian muslim pada siswa TK PKK Polagan Galis Pamekasan?
Adapun tujuan dari penelitian ini, 1). untuk mengetahui peran keluarga dalam usaha pembinaan siswa TK PKK Polagan Galis Pamekasan, 2). untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepribadian muslim pada siswa TK PKK Polagan Galis Pamekasan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif. Pola ini dipergunakan untuk memperoleh informasi tentang status gejala pada saat penelitian dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat penelitian atau daerah tertentu. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keluarga (orang tua) merupakan pendidik yang pertama dan utama dalam usaha pembinaan kepribadian muslim pada anak, terdapat dua faktor yaitu faktor pembawaan dan faktor lingkungan (lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat) yang mana antara kedua faktor tersebut saling mempengaruhi.selain kedua faktor pada anak terdapat tiga hal yang harus diusahakan oleh keluarga (orang tua) diantaranya : pendidikan mengenai keimanan, akhlak dan pengamalan syariat, yang mana ketiga pendidikan di atas sangat menunjang sekali terciptanya seorang anak yang bekepribadian muslim dan orang tua (keluarga) benar-benar berusaha membina kepribadian muslim pada anaknya.
Tidak tersedia versi lain