Text
Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di RA. Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Tumyati, 2018, Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di RA. Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Guru dan Kemandirian Anak Usia Dini
Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah masa-masa yang paling berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berumur 8 tahun. Anak mencapai titik kulminasi ketika berumur sekitar 18 tahun.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan; kedua, Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan kemandirian anak usia dini di RA Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi guru yang diajarkan di RA Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan dalam melatih kemandirian anak usia dini diantaranya: meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak, menumbuhkan motivasi intrinsik dari diri anak, melatih anak agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, melatih agar anak tidak menggantungkan diri pada orang lain, dan melatih anak agar mampu menentukan pilihannya atau pendapatnya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya.. Kedua, Faktor pendukung dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan, antara lain: semangat dan kesadaran guru sangat tinggi, dan sarana prasarana yang sudah cukup memadai dan suasana lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: orang tua yang overprotektif dan kesadaran orang tua yang rendah akan kemandirian anak dan tingkat pendidikan yang diperoleh anak.
Tidak tersedia versi lain