Text
Penerapan Hukuman dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Nur Hayati, 2018, Penerapan Hukuman dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: R. Taufiqurrahman, M.Pd.I
Kata Kunci: Penerapan Hukuman, Membentuk Kedisiplinan Belajar
Prinsip hukuman adalah menghilangkan kenyamanan siswa melakukan kesalahan, dengan cara memberikan hukuman-hukuman jasmani ataupun resiko tidak nyaman secara langsung jika siswa melakukan kesalahan tersebut. Sebuah tindakan yang diambil oleh seorang guru untuk menghilangkan perilaku negatif siswa dengan maksud tindakan hukuman itu memberikan efek jera pada perilaku negatif tersebut sehingga perilaku negatif tidak muncul lagi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan hukuman dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penerapan hukuman dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa di SDI Darul Karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan prosentase. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru agama Islam, siswa, dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Ada banyak bentuk penerapan hukuman dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa sesuai criteria pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dari tingkat pelanggaran ringan, sedang dan pelanggaran berat yaitu seperti contoh bentuk hukuman yaitu dari berdiri, skorsing, dan dikeluarkan dari sekolah. Penerapan hukuman dalam membetuk kedisiplinan belajar siswa dan itu berlaku terus menerus dan tidak ada batasan waktu dalam berlakunya karena tak mebedakan satu sama lain. Dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa memberikan hasil dan dampak positif bagi kemajuan siswa dan pencapaia tujuan pendidikan. Kedua: Kendala yang dihadapi ketika penerapan hukuman dilaksanakan di SDI Darul Karomah Larangan Luar Pamekasan adalah tidak mendengarkan guru dalam menjelaskan materi. Tetapi bukan itu saja, terkadang anak yang terlambat itu juga bisa mempengaruhi pelajaran. Selain itu ketika guru menjelaskan didepan terkadang ada siswa yang (celometan) bicaranya dibelakang. Penerapan hukuman dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa yaitu adanya efek jera pada siswa sehingga siswa lebih berhati-hati dalam bertingkah laku dan bertindak sehingga siswa lebih disiplin. Penerapan hukuman dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa nantinya mampu melatih diri agar siswa disiplin dan memberikan arahan dan masukan bagi perkembanga psikis siswa.
Tidak tersedia versi lain