Text
“Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di SDN Barurambat Timur 2 Pamekasan.
ABSTRAK
Sabar Irawan, 2018, “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di SDN Barurambat Timur 2 Pamekasan.”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini di fokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, kedua, bagaimana peran pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam, ketiga, bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas V di SDN Barurambat Timur 2 Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran secara berkesinambungan.
Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik di kelas, adapun hasil peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari observasi yang peneliti lakukan mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, yaitu pada pra siklus presentase aktivitas peserta didik terbilang rendah yakni sebesar 40%, dapat dikatakan kurang baik dengan di simbolkan huruf (D), pada siklus I presentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan menjadi 60%, dapat dikatakan cukup baik dengan disimbolkan huruf (C), sedangkan pada siklus II presentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan menjadi 100%, sehingga dapat dikatakan bahwa banyak peserta didik yang melakukan aktivitas selama proses pembelajaran berlangsung maka dapat dikatakan baik sekali dengan disimbolkan huruf (A). Penerapan model pembelajaran kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL) juga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas V di SDN Barurambat Timur 2 Pamekasan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari observasi yang dilakukan peneliti selama melakukan penelitian mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, adapun hasil prestasi belajar peserta didik dapat meningkat antara lain, yang semula nilai rata-rata pada pra siklus 61.66% meningkat menjadi 72.33% atau sekitar 10.67% pada siklus I, sedangkan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 79.66% atau sekitar 7.33%. Adapun efektivitas dari penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas memberikan dampak positif dan pencapaian hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran terlebih pada hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Barurambat Timur 2 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain