Text
Strategi Manajemen Pembinaan Karakter Islami Peserta Didik d SMA IslamAl-Husen Bangkes Kadur Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad Rofiqi Tanzil, 2018, Strategi Manajemen Pembinaan Karakter Islami Peserta Didik d SMA IslamAl-Husen, Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Buna'i, S.Ag. M.Pd.
Kata kunci :strategi manajemen. pembinaan karakter
Manajemen secara fungsional merupakan kegiatan yang terdiri dari perencanan, pengorganisasian yang didalamnya terdapat penetapan struktur organisasi, pengisisan orang-orang yang akan mengisi struktur tersebut yang selanjutnya dikenal sebagi staffing, pelaksanaan, melakukan tindakan yang diarahkan pada upaya mengawasi secara cermat dan saksama terhadap berbagai kemumgkinan terjadinya penyimpangan terhadap sesuatu yang telah direncanakan, penilain menilai segala sesuatu yang telah direncanakandan dikerjakan, dan bembinaan atau perbaikan agar sesuatau itu dapat tercapai secara maksimal.
Pembinaan akhlaq atau karakter sebenarnya menjadi tanggung jawab setiap umat Islam yang dimulai dari tanggung jawab dirinya terhadap sendiri lalu keluarganya. Ketika disadari bahwa setiap ummat Islam tidak semua ummat Islam mampu mengemban tanggung jawab tersebut, tanggung jawab untuk melakukannya berada pada oang-orang (ummat Islam) yang memiliki kemamuan untuk itu.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang tiga permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana perencanaan pendidikan karakter Islami di lakukan di SMA Islam Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasn; kedua, Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter Islami di lakukan di SMA Islam Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan ; ketiga, Bagaimana hasil evaluasi pembinaan karakter Islami di SMA Islam Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, guru PAI, PKn dan Bahasa Indonesia di SMA Islam AL-Husen. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pembinaan karakter Islami di lakukan di SMA Islam Al-Husen dengan caramenanamkan nilai-nilai karakter Islami melalui RPP Berkarakter.Strategi pembinaan karakter bertujuan agar supaya perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembinaan karakter berjalan dengan baik, Kedua, Perencanaan pendidikan karakter di lakukan dengan cara mulai dari penyusunan kurikulum, menyusun silabus, rancangan program pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang sesuai dengan karakter Islami di awal tahun pelajaran dan di evaluasi di akhir tahun pelajaran. Ketiga, pelaksanaan pembinaan karakter Islami denganmenerapkan kegiatan rutin yang mengandung nilai relegius, kedisiplinan, kejujuran pada setaiap peserta didik.
Tidak tersedia versi lain