Text
PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA LATANSA SWALAYAN DI OMBEN SAMPANG)
ABSTRAK
RobiatulAdawiyah 2018,“Pengaruh HargaTerhadapKepuasanKonsumen (StudiKasusPadaLatansaSwalayan Di OmbenSampang)”Skripsi, InstitutAgama Islam NegeriMadura, JurusanEkonomidanBisnis Islam, Program StudiEkonomiSyariah (ES), Pembimbing; Dr. Sri Handayani, MM
Kata kunci: Harga, KepuasanKonsumen.
Kepuasankonsumenakanterbentukjikadapatmemenuhiharapan-harapandasarkonsumen. Salah satunyaadalahhargajuga yang diinginkankonsumen.Apabilaterciptaharga yang adilantarakeduanyadanhargasesuaidengannilaisuatubarang, makadisitulahkeinginankonsumenataskebutuhannyaterpenuhibaikbersifatfisikmaupun spiritual, sehinggaakanmengahsilkanmanfaatdankepuasan.Penelitianinimenetapkanhargasebagaitolakukurkepuasankonsumen di LatansaSwalayanOmbenSampang Madura.Hal inibisaditunjukkannpembeliantelah terjadi penurunan pada penjualan pusat pembelanjaannya.Jikadibiarkanhalinidapatmembuatlatansaswalayanakanmengalamikerugian. TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiPengaruhHargaTerhadapKepuasanKonsuemenPadaLatansaSwalayan Di OmbenSampang.
Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdengantekhnisanalisisregresi linier sederhanasedangkanpembuktianhipotesismenggunakanuji-t.jenis data yang digunakanadalah data primer yang diperolehmelaluikuisioner. RespondennyaadalahkonsumenLatansaSwalayanOmbenSampang yang sedangmembeliatauberkunjungditempattersebut.Perhitungansampelmenggunakantekniknon probability sampling, jenis yang digunakanadalahaccidental samplingdenganrespondensebanyak 100 orang, denganmenggunakan SPSS (Statistical Package For the Social Sciences) versi 20.
Dari hasilpengolahan data penelitiandiperolehY = 7,342 + 0,369X. Hasilhipotesissecaraparsialdidapatkan t-hitungsebesar 6,131 dengantaraf sig 0,000lebihkecildari 0,05. Hal tersebutberartiterdapatpengaruhpositifdansignifikandarihargaterhadapkepuasankonsumen di LatansaSwalayanOmbenSampang Madura.Hasilujikoefisien R Squareadalah 0,277 atau 27,7% yang berarti 27,7% kepuasankonsumen di LatansaSwlayandipengaruhiolehharga, sedangkansisanya 72,3% dipengaruhiolehvariabel lain. Olehkarenanya, perlupengembanganpenelitianinilebihlanjutterkait topic ini, karenaadavariabel-variabellainnya yang mempengaruhikepuasankonsumen.
Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdiambilkesimpulanbahwaadapengaruh yang signifikanHargaterhadapKepuasankonsumen di LatansaSwalayanOmbenSampang Madura.DisarankanhendaknyaLatansaSwalayanmelakukanevaluasisertaperbaikansecara periodic terhadaphargasehinggalebihbaikdimatakonsumen, danharustetapmempertahankanharga yang layakbagikonsumenberdasarkantingkatpenghasilan, kenyamanantempatdankualitasproduksertapesaing lain.
Tidak tersedia versi lain