Text
Optimalisasi Penggunaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan
ABSTRAK
Siti Aminah, 2018, Optimalisasi Penggunaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran PAI dan Minat Belajar
Cara penyampaian yang komunikatif lebih disenangi oleh peserta didik walaupun materi yang disampaikan sesungguhnya tidak terlalu menarik. Sebaliknya materi yang cukup baik, tetapi karena disampaikan dengan cara yang kurang menarik maka materi itu sendiri kurang dapat dicerna oleh peserta didik. Oleh karena itu, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam proses belajar mengajar secara efektif dan efesien.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan; kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan wali kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, peta konsep (mind mapping), drill, menghafal cepat. Kemudian variasi metode dilaksanakan dengan teknik pembelajaran make a macth, card short, talking stick, snowball throwing. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah lemahnya rasa bertanggung jawab dalam diri guru, masalah yang ada pada diri guru di luar pembelajaran, dan kemampuan siswa dalam menerima cara mengajar guru dengan metode atau media tertentu yang telah direncanakan
Tidak tersedia versi lain