Text
Strategi Pengajaran Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Dasok III Dasok Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Mufarrohah, 2018, Strategi Pengajaran Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Dasok III Dasok Pademawu Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Pengajaran dan Prestasi Belajar.
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya beberapa problem dalam situasi proses belajar mengajar di lingkungan kelas baik pihak guru maupun siswa, maka perlu adanya instrospeksi diri, sebab tidak selamanya hal itu terjadi pada diri siswa saja, namun kesalahan itu juga bisa terletak pada strategi pengajaran di lembaga pendidikan tersebut. Strategi pengajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pendidikan. Oleh sebab itu, para pihak guru harus mampu memberikan strategi pengajaran yang efektif dan efisien. Selain itu juga dalam kegiatan proses belajar mengajar tipe masing-masing anak mempunyai daya pikir, pemahaman dan perkembangan jiwa tidak sama. Dengan ini perlu adanya komunikatif antara guru dan siswa yang dibarengi dengan strategi pengajaran guru terhadap siswa di lembaga pendidikan itu sendiri.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pelaksanaan strategi pengajaran guru agama Islam di SDN Dasok III kecamatan Pademawu Pamekasan; kedua, Bagaimanakah prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SDN Dasok III Dasok Pademawu Pamekasan.
Adapun Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi yang dilakukan guru adalah membuat sebuah rencana pembelajaran yang baik atau lebih terperinci yang akan membuat guru lebih mudah dalam hal penyampaian materi pembelajaran, pengorganisasian peserta didik di kelas, maupun pelaksanaan evaluasi pembelajaran baik proses ataupun hasil belajar. Strategi yang dilakukan Guru PAI sangat erat kaitannya dengan peran guru dalam pembelajaran di kelas, yang akan menentukan tercapainya tujuan pembelajaran atau belum, dalam memulai suatu pembelajaran meliputi pengorganisasian pembelajaran dan pengelolaan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Kedua, Hasil yang dicapai Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Dasok III Pademawu Pamekasan prestasi belajar siswa sudah cukup baik, hal ini didukung dengan beberapa hal yang dirasakan oleh siswa berhubungan dengan upaya yang dilakukan oleh guru PAI tersebut, siswa merasakan ada dorongan untuk semangat dan giat belajar dalam mata pelajaran PAI. Serta mendorong siswa untuk dapat mengamalkan ibadah sesuai dengan ketentuan dan hukum-hukum agama dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain