Text
PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTS NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Syafril Andriyanto, 2018, Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Prgram Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Drs. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Motivasi Guru, Minat Belajar Siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, mengenai adakah pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Negeri 1 Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sejumlah 209 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Peneliti mengambil sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 siswa. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengetahui motivasi guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar siswa pada pada mata peajaran fiqh. Karena berdasarkan analisa data diketahui nilai “r” kerja sebesar 0.623 setelah dikonsultasikan dengan denganharga kritik product moment pada N=35 dalam interval 95% diperoleh nilai 0.334 dan dalam kepercayaan 99% yaitu 0.430. demikian pula bahwa korelasi keduanya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil konsultasi antara r kerja (0.623) dengan interpretasi nilai r diketahui bahwa nilai r kerja tersebut berada pada rentang angka antara 0.600 – 0.799 dengan interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain