Text
, Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pademawu
ABSTRAK
Qurrotul Aini, 2018, Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pademawu, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis
Pembelajaran dalam pendidikan merupakan salah satu penentu dalam berhasil tidaknya pendidikan. Dalam kehidupan nyata manusia tentu tidak akan lepas dengan namanya masalah dan diperlukan proses untuk memecahkannya. Pendidik sebagai peran utama harus memiiki inovasi pembelajaran yang akan diterapkan. Model problem based learning adalah salah satu model inovasi yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena model pembelajaran ini diawali dengan permasalahan nyata bukan dengan proses pentransferan. Dengan model problem based learning maka dapat memungkinkan dikembangkannya kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, adakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Pademawu Pamekasan, Kedua, seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islma di SMAN 1 Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik yang sifatnya korelasi. Yang menjadi objek untuk penelitian yaitu siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Pademawu Pamekasan, namun tidak semua siswa kelas XI IPA yang diteliti hanya kelas XI IPA 1 sebanyak 30 siswa, XI IPA 2 sebanyak 32 siswa dan XI IPA 3 sebanyak 32 siswa, maka jumlah total yang akan diteliti sebanyak 94 siswa, sehingga penelitian ini merupakan populasi research. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dengan bentuk angket tidak langsung yang bersifat tertutup sebagai data primer, observasi dan dokumentasi sebagai data sekunder dengan menggunakan observasi sistematis. Sedangkan untuk menganalisis data dari hasil penelitian yaitu dengan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Pademawu Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan hasil r kerja lebih besar dari r tabel, baik pada interval kepercayaan 95% maupun 99% yaitu 0,589 > 0,207 maupun 0,589 > 0,270. Dengan demikian, hipotesis kerja dalam penelitian ini “diterima” dan hasilnya menunjukkan positif. Dan besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Pademawu memiliki tingkat pengaruh yang cukup dengan hasil interpretasi nilai rxy sebesar 0,589 berada diantara 0,400 sampai dengan 0,700. Sehingga hipotesis cukup signifikan dalam penelitian ini “diterima”.
Tidak tersedia versi lain