Text
Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan
ABSTRAK
SukarimatulMillah, 2018, PenerapanKurikulum 2013 pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam di SMP PlusNurulHikmahPamekasan, Skripsi. Program StudiPendidikan Agama Islam (PAI), JurusanTarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I
Kata Kunci: PenerapanKurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam
Kurikulummerupakansuatuperangkat yang digunakansebagaipedomanatauacuanoleh guru dalamsuatu proses pembelajaran. di Indonesia sendiri, kurikulumsudahbergantisebanyak11 kali. Pergantiandarikurikulum yang satupadakurikulum yang lainpastinyabertujuanuntukmemperbaikipelaksanaanpendidikanitusendiri. Kurikulumterbaru yang tengahdigunakansaatiniialahkurikulum 2013.DalamKurikulum 2013, tugas guru menjadilebihringankarenasiswalah yang dituntutuntuklebihaktifdalam proses pembelajaran, sedangkan guru menjadifasilitator. PenerapanKurikulum 2013, khususnyapada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) pastimelibatkanbeberapakomponen, diantaranyatujuankurikulum, materipembelajaran, metodepembelajaran yang digunakan, sertaevaluasiataupenilaiandari proses pembelajaran Mata PelajaranPendidikan Agama Islam (PAI).
Bedasarkanhaltersebut, makaadaempatfokuspermasalahan yang menjadikajianpokokpenelitianiniyaitu: pertamaapatujuanpenerapanKurikulum 2013 pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasan. Kedua, sepertiapamateripembelajarandalamKurikulum 2013 padamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasan. Ketiga, apasajametode yang digunakandalamKurikulum2013 pada Mata PelajaranPendidikanAgama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasan. Keempat, bagaimana evaluasidalamKurikulum 2013padaMata PelajaranPendidikanAgama Islam di SMP PlusNurulHikmahPamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif, sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.informannyaadalahkepalasekolah, guru matapelajaranPendidikan Agama Islam,dansiswakelas VII. Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiketekunanpengamatandantriangulasi data.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: pertama,tujuanpenerapankurikulum 2013 pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasanyaituuntukmenanamkanpadasiswabahwapengetahuanbisaberasaldarimanasajasertauntukmengeksplorkemampuansiswadalammencaridanmendapatkaninformasi, untukmenyeimbangkanSoftskilldanHardskillsiswa, sertauntukmembentukkarakterdankeimanansiswa. Kedua,materipembelajarandalamKurikulum 2013 padaMata PelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasanyaituterdapat 13 bab yang mencakupmaterifiqih, tauhid, dantarikh, sertapenyajianmaterinyalebihmengarahpadaaspeksosialataulebihkepengaplikasiannya. Ketiga,metode yang digunakandalamKurikulum 2013 pada Mata PelajaranPendidikanAgama Islam di SMP Plus NurulHikmahPamekasanyaitumetodediskusi, presentasi, ceramah,praktek, tanyajawab, kelompok, memutar videosertapendekatansaintifik. Keempat,evaluasidalamKurikulum 2013padaMata PelajaranPendidikanAgama Islamdi SMP Plus NurulHikmahPamekasanyaitumembuatrangkuman, memberikansoal, praktek, hafalan, menilaikegiatandiskusidanjugapengamatanterhadapsikapsiswa, baikkepada guru ataupunkepadasesamateman.
Tidak tersedia versi lain